Mon. Apr 6th, 2020

ARTIKEL JADI SYARAT KELULUSAN MAHASISWA TINGKAT AKHIR UNM

Parangtambung, Estetika – Wakil Dekan Bidang Akademik (WD I) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) menyatakan bahwa artikel menjadi syarat kelulusan mahasiswa tingkat akhir UNM saat ditemui di Gedung Jurusan Bahasa Inggris, Rabu (12/2).

Syarat tersebut merupakan aturan akademik tahun 2019 yang merupakan hasil keputusan rapat bersama Wakil Rektor (WR) 1 mengenai syarat wajib kelulusan mahasiswa tingkat akhir.

WD I FBS UNM, Sahril, menjelaskan bahwa setiap mahasiswa semester akhir S1 yang ingin menyelesaikan studinya diwajibkan membuat sebuah artikel.

“Artikel ini tidak wajib diterbitkan, tetapi pada saat mau ujian harus memperlihatkan drafnya sesuai dengan judul yang mereka angkat ke dosen penguji. Aturan ini berlaku untuk seluruh mahasiswa akhir, baik 2014 dan 2015 yang ingin ujian akhir. Hal ini berlaku di setiap Fakultas yang ada di UNM,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa untuk mahasiswa S2 dan S3 wajib menerbitkan artikel sebelum kelulusan.

“Mahasiswa S2 dan S3 tidak bisa diluluskan secara cumlaude apabila artikel yang mereka buat belum diterbitkan, itu merupakan hasil keputusan yang sudah dibuat dan diedarkan,” tutupnya.

Mahasiswa angkatan 2016, Nurul Qalbi, mengungkapkan bahwa aturan tersebut bermanfaat bagi mahasiswa.

“Dengan adanya aturan ini kita sebagai mahasiswa diajarkan bagaimna membuat artikel. Selain itu, jika artikel yang kita buat itu terbit dalam ranah internasional, itu sangat menguntungkan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan dengan modal beasiswa,” ungkapnya.

Reporter: Hudzaifa Afifah Hamka & Windamayanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *