Wed. Sep 30th, 2020

25 DELEGASI UNM DINYATAKAN LULUS EKSPEDISI NUSANTARA JAYA

Parangtambung, EstetikaTim Pelaksana Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) Universitas Negeri Makassar (UNM) resmi mengumumkan 25 delegasi UNM yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Koordinator bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim), Sabtu (9/6).

ENJ merupakan kegiatan dalam rangka aksi nyata menuju poros maritim dunia. Delegasi kegiatan ini akan melakukan pelayaran dan kegiatan sosial kemasyarakatan di pulau-pulau terdepan, terpencil, dan daerah perbatasan Indonesia dalam bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, lingkungan, dan seni.

Sebelumnya, 71 orang peserta dari seluruh fakultas di UNM dinyatakan lulus berkas pada Kamis (7/6) lalu. Adapun syarat kelengkapan berkas tersebut meliputi: surat ket.sehat, transkrip nilai (bagi yg ingin KKN harus lulus minimal 110 sks), KTM, dan membuat essai bertemakan peran pemuda dalam mewujudkan indonesia menjadi poros maritim dunia.

Berikut nama-nama ke-25 delegasi yang berhasil lulus dalam kegiatan ini.

1. Muh. Wija Hadi Perdana, Fakultas Psikologi
2. Rahmawati, Fakultas Ilmu Pendidikan
3. Resa Saputra, Fakultas Teknik
4. Rahyudi Dwiputra, Fakultas Ilmu Sosial
5. Musdalifa K, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
6. Siti Maryam Ramadani, Fakultas Psikologi
7. Murni, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
8. Muhammad Akram Sulaiman, Fakultas Psikologi
9. Muhammad Akhsan Alimuddin, Fakultas Teknik
10. Fahril, Fakultas Bahasa dan Sastra
11. Muhammad Tahfshir Triansha, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
12. Mudarris, Fakultas Teknik
13. Ina Apriani, Fakultas Bahasa dan Sastra
14. Muhammad Sainal, Fakultas Ilmu Keolahragaan
15. Muh. Nur, Fakultas Bahasa dan Sastra
16. Riswandi, Fakultas Ekonomi
17. Ismail Sudirman, Fakultas Teknik
18. Ayu Puspita Sari S, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
19. Nurul Charismawaty Sabir, Fakultas Teknik
20. Takdir, Fakultas Ilmu Sosial
21. Roni Tandi Linok, Fakultas Teknik
22. Galang Mario, Fakultas Seni dan Design
23. Musfirah Nurhaerah, Fakultas Ilmu Sosial
24. Ulfa Aulia Syamsuri, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
25. Andi Irwan Nur, Fakultas Ekonomi.

Nama-nama ke-25 delegasi yang berhasil lulus dalam Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ). Foto: Dok. Pribadi/ENJ UNM.

Muh. Nur, salah seorang delegasi Fakultas Bahasa dan Sastra mengungkapkan rasa senangnya saat dinyatakan lulus.

“Tentunya saya sangat senang sekali mampu bersaing dengan lawan yang begitu hebat. Bahkan saingan saya itu mahasiswa berprestasi satu UNM, dimana kita tahu bahwa kualitasnya tidak diragukan lagi, beliau duta bahasa sulsel, duta anak dan bnyak lagi, tapi penilaian tidak hanya pada satu sisi saja, sehingga dia tidak lolos. Jadi saya akan manfaatkan kesempatan ini. Saya rasa ini jawaban dari doa ibu saya di kampung,” ungkapnya.

Lebih lanjut, mahasiswa yang tercatat memiliki pengalaman lebih dari 10 organisasi tersebut pun menjelaskan tujuannya mengikuti kegiatan ENJ untuk pengabdian kepada negeri dan sekaligus untuk program KKN.

“Tujuan saya ingin mengabdikan diri untuk negeri sebagaimana yg menjadi tujuan utama kegiatan ini. Melalui kegiatan ini, PR III UNM sudah mengizinkan mahasiswa yang ingin program KKN boleh sekalian bersamaan dengan ENJ ini. Jadi tidak KKN dua kali. Hal yang menjadi keistimewaan yaitu proker KKN nanti ditanggung sepenuhnya oleh kementrian koordinator kemaritiman. Jadi bagi yang bidikmisi bisa dikatakan fully funded alias KKN gratis,” ujarnya.

Mengenai perihal waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan ini belum ada informasi yang lebih jelas. Namun, mahasiswa yang akrab disapa Nur ini mengaku telah siap dan akan membahas proker mengenai pendidikan.

“Kami tetap ada pembekalan, saya sudah merancang beberapa proker yang fokus dibidang pendidikan, nanti tinggal saya kerjakan jika program kerjanya disepakati oleh teamwork. Harapan kami dan purna ENJ tahun ini akan lebih dimaksimalkan karena sudah ada pengalaman tahun kemarin,” ungkapnya.

Reporter: AM ESTETIKA

Leave a Reply

Skip to toolbar