Estetika, Rilis – Peserta yang dinyatakan lolos dan berhak untuk mengikuti Pelatihan Motodologi Penelitian (PMP) di Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) wajib mengikuti Technical Meeting II (TM II), Minggu (18/03).

PMP adalah tahapan perekrutan yang menekankan pada proses internalisasi dan penguatan calon anggota terkait dasar-dasar penulisan karya tulis ilmiah dan metodologi penelitian. Berbagai tahapan tes telah dilewati oleh calon peserta PMP-OMK XXI untuk masuk menjadi peserta PMP. Proses seleksi yang diikuti diantaranya, seleksi essay, tes wawancara, Focus Group Discussion (FGD) dan tes tertulis.

Menurut salah satu peserta, Andi Ahmad Badaruddin, LPM Penalaran merupakan suatu organisasi yang luar biasa karena ketegasan dan rasa nyaman yang diberikan.

“Ini pertama kalinya saya mengikuti suatu rekrutmen yang benar benar tingkat ketegasannya sangat tinggi, semua yang sudah disepakati pada technical meeting 1 itu tidak ada yang berubah. Beda dari rekrutmen yang pernah saya lewati, selain itu panitianya baik membuat saya merasa nyaman dan tidak pernah ada rasa takut atau ragu dalam menghadapi setiap tahap,” ujarnya.

Peserta yang telah lolos seleksi berkas adalah 409, dari jumlah keseluruhan 634 pendaftar yang telah bersungguh-sungguh dan bekerja keras dalam mengikuti tiga jenis tes yang diberikan. Akumulasi nilai dari ketiga tes inilah yang menjadi pertimbangan kelulusan calon peserta PMP.

“Alhamdulillah, calon peserta telah melewati proses seleksi yang diakhiri dengan tes tulis. Harapan kami peserta yang terpilih berdasarkan akumulasi tiga tahapan seleksi, mengikuti tahapan selanjutnya dengan sungguh-sungguh. Sehingga, ketika menjadi anggota memiliki bekal pengetahuan tentang penelitian dan juga keorganisasian. Karena dipundak mereka kelak masa depan LPM Penalaran UNM sebagai generasi pelanjut UNM,” ungkap Agusman selaku ketua umum LPM Penalaran UNM.

Dari keseluruhan peserta yang lolos, Fakultas MIPA menjadi penyumbang peserta terbanyak dengan jumlah peserta 40 orang, disusul Fakultas Ilmu Sosial 17 orang, Fakultas teknik dan Fakultas Ekonomi 11 orang dan 7 orang, Fakultas Ilmu Pendidikan 9 orang, Fakultas Psikologi 7 orang, Fakultas Bahasa dan Sastra 3 orang, Fakultas Seni dan Desain 2 orang dan Fakultas Ilmu Keolahragaan 1 orang.

PMP nantinya akan dilaksanakan pada Jumat-Minggu (23-25/3) mendatang. Nur Ikhsan, selaku Koordinator Panitia Pengarah menjelaskan bahwa TM II ini secara teknis mirip dengan TM I kemarin. Hanya saja pada tahap ini peserta yang mengikuti telah dinyatakan lulus seleksi dan berhak mengikuti tahap selanjutnya. Pada tahap ini peserta akan dipaparkan terkait hal-hal teknis selama mengikuti kegiatan PMP nantinya.

“Harapan saya, semoga semua peserta yg dinyatakan lulus agar mengikuti PMP dengan baik dan bertahan hingga resmi menjadi anggota LPM PENALARAN UNM,” ujarnya.

Sumber : LPM Penalaran UNM

Estetika Tim