Wed. Aug 5th, 2020

TUJUH HAL YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN SAAT UJIAN

Tips, Estetika – Halo, Sahabat Estetika! Pasti Sahabat sudah tidak asing lagi bukan dengan kata ujian? Ujian sering kali kita jumpai di setiap tahapan pendidikan. Mulai dari bangku Sekolah Dasar (SD) sampai dengan perguruan tinggi, tahapan dan jenisnya pun berbeda-beda, lho. Semakin tinggi jenjang pendidikannya, semakin sulit pula soal-soalnya. Namun, setiap ujian tentunya memiliki peraturan tertentu yang harus dipatuhi oleh pesertanya.

Ada beberapa ujian yang jika kita melanggar aturannya maka pengawas tak segan-segan mengeluarkan kita dari ruang ujian. Serem kan, Sahabat? Nah, untuk menghindari hal tersebut, kali ini Reporter Estetika berhasil merangkum hal-hal apa saja yang tidak boleh Sahabat lakukan saat ujian tengah berlangsung pada umumnya.

  1. Datang Terlambat

Siapa nih di antara Sahabat yang suka tidak tepat waktu? Nah, dalam ujian, setiap peserta hendaknya telah sampai di lokasi ujian setidaknya satu jam sebelum ujian dimulai untuk menghindari keterlambatan. Beberapa pihak penyelenggara ujian biasanya akan memberikan tanda untuk masuk ke ruang ujian sekitar lima belas menit sebelum jadwal ujian dilaksanakan agar Sahabat bisa mempersiapkan diri sebelum ujian atau setidaknya berdoa. Terkadang, jika ada peserta yang terlambat, maka tidak diperkenankan masuk. Nah, jangan terlambat lagi ya, Sahabat.

  1. Jangan Bawa Alat Bantu

Dalam pelaksanaan ujian, sudah pasti tidak diperkenankan menggunakan alat yang bisa berpotensi untuk melakukan kecurangan seperti telepon genggam, kalkulator, atau buku catatan kecil. Biasanya, pengawas ujian akan mengumpulkan tas dan seluruh isinya di tempat tertentu sebelum memasuki ruang ujian. Jadi, jangan coba-coba melakukan hal itu ya, Sahabat.

  1. Menyontek

Selama ujian berlangsung, sebaiknya Sahabat fokus saja di lembar jawaban, ya. Akan dianggap sebagai pelanggaran apabila ada peserta ujian yang kedapatan menyontek atau sekadar meminta bantuan dan memberi bantuan kepada peserta lain, apalagi saling memberi jawaban. Jika ada hal yang ingin ditanyakan selain jawaban dari soal ujian, sebaiknya tanyakan langsung kepada pengawas yang ada.

  1. Jangan Tinggalkan Ruang Ujian

Tahu enggak, Sahabat? Keseringan meninggalkan ruang ujian juga merupakan sebuah pelanggaran, lho. Setiap peserta ujian hanya dapat meninggalkan ruangan jika telah meminta izin terlebih dahulu kepada pengawas yang ada. Selain itu, jika Sahabat telah menyelesaikan ujian sebelum waktu berakhir, Sahabat tetap di ruangan dulu, ya.

  1. Terburu-buru itu Enggak Baik

Siapa nih di antara Sahabat yang was-was ketika ada peserta lain yang telah selesai mengerjakan ujian? Jangan seperti itu, ya. Hendaknya lebih teliti dalam mengerjakan soal yang ada agar hasil ujian yang Sahabat dapatkan akan lebih maksimal. Terburu-buru hanya akan merusak konsentrasi, jika peserta lain terlihat sudah menyelesaikan ujiannya, Sahabat tidak perlu khawatir. Lanjutkan saja pekerjaan Sahabat dengan lebih fokus lagi.

  1. Ngobrol di Luar Saja

Berbincang kepada peserta ujian yang lain sangat tidak diperkenankan saat ujian sedang berlangsung apalagi jika berdiskusi mengenai jawaban dari soal ujiannya. Jika ada hal penting yang menurut Sahabat perlu diberitahukan, silahkan meminta izin terlebih dahulu kepada pengawas ujian.

  1. Jangan Makan dan Minum

Nah, yang satu ini pasti Sahabat pernah lakukan, bukan? Tidak diperbolehkan membawa makanan ataupun minuman ke dalam ruang ujian. Tapi jangan khawatir, terkadang ada pihak penyelenggara yang membolehkan membawa air mineral saja. Saat ujian berlangsung semua peserta diharapkan fokus ke soal ujian yang ada saja. Oleh sebab itu, makan ataupun minum minuman berwarna sangat tidak diperkenankan agar tidak mengganggu konsentrasi peserta ujian. Sebaiknya, sebelum berangkat ke tempat ujian, Sahabat makan dulu, ya.

Nah, itulah hal-hal umum yang tidak diperkenankan dilakukan saat ujian sedang berlangsung. Simak baik-baik, ya, agar ujian Sahabat lancar. Semoga berhasil dan jangan lupa belajar, ya.

Penulis: Balqis Syaidina Islami
 

Leave a Reply

Skip to toolbar