Thu. Sep 17th, 2020

TIPS BELI BARANG DAN KENDALIKAN UANG AGAR TIDAK BOROS

Tips, Estetika – Terkadang mengendalikan uang saat kita berbelanja adalah salah satu hal yang menjadi pemicu masalah keuangan. Perlu Sahabat Estetika ketahui bahwa berhemat bukan berarti kalian tidak dapat membeli apa-apa. Namun, berhemat ialah memberi barang yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan. Lalu, bagaimana dengan barang yang kita inginkan? Nah, inilah lima strategi yang dapat Sahabat lakukan agar lebih bijak dalam menggunakan uang.

Berbelanja Saat Diskon

Source: Google.com

Kebanyakan store akan memberikan diskon pada barang-barangnya jika barang tersebut sudah ada 2-3 bulan di toko itu. Sahabat pun tetap bisa membeli barang tersebut dengan kualitas yang sama saat barang itu masih new arrival. Toko-toko juga biasanya mengadakan diskon besar-besaran ketika hari raya, hari natal, dan tahun baru. Jadi, jangan anti barang diskon ya!

Selalu Cek Harga Barang Lebih Dari Satu Toko

Source: Google.com

Beberapa barang biasanya dijual di beberapa toko berbeda dan memiliki harga yang berbeda pula. Maka dari itu, jangan membeli barang dengan cepat karena sudah sangat ingin memilikinya. Namun research hargalah di berbagai toko terlebih dahulu agar Sahabat mendapatkan barang dengan harga yang terbaik.

Jika Ada, Gunakan Kupon Belanja

Source: Google.com

Beberapa toko biasanya memberikan kita kupon belanja yang bisa kita pakai nantinya jika berbelanja dengan nominal yang telah ditentukan oleh pihak toko. Kupon ini biasanya berupa potongan harga dengan nominal tertentu. Nah, Sahabat bisa menggunakannya jika ada untuk meminimalisir pengeluaran atau biaya anda saat berbelanja. Daripada kuponnya hanya menjadi sampah di rumah, lebih baik digunakan.

Membeli yang Benar-Benar Penting

Source: Google.com

Terkadang kita membeli banyak barang yang terlihat bagus namun setelah sampai di rumah kita merasa menyesal. Apakah Sahabat Estetika pernah mengalami hal yang seperti itu? Itu adalah hal yang sangat normal dan sering terjadi. Jadi, pastikan Sahabat dapat mengendalikan diri saat berbelanja. Belilah barang-barang yang penting dan sesuai dengan takarannya agar Sahabat tidak menyesal di kemudian hari.

Membuat Wishlist atau Daftar Belanjaan

Source: Google.com

Yang tak kalah pentingnya, buatlah wishlist atau daftar belanjaan agar Sahabat dapat menentukan prioritas barang-barang yang ingin Sahabat beli. Wishlist berguna agar Sahabat tidak melupakan barang-barang apa saja yang ingin Sahabat beli saat datang ke toko. Tentu, cara ini adalah cara utama untuk mengontrol belanjaan kita.

Nah, itulah beberapa strategi yang dapat Sahabat lakukan sebelum atau saat ingin berbelanja. Pastikan Sahabat menggunakan uang dengan bijak dan teratur agar tidak menyesal di kemudian hari. Semoga bermanfaat!

Penulis: Atikah Afifah Irwan

Leave a Reply

Skip to toolbar