Sat. Oct 31st, 2020

STRES HADAPI KULIAH? LAKUKAN CARA BERIKUT

Tips, Estetika – Stres adalah suatu kondisi dimana kita merasa tertekan. Sebagai mahasiswa, siapa sih yang tak pernah mengalami stres? Aktivitas kampus yang padat, ujian, tugas kuliah yang datang silih berganti seolah tak ada habisnya. Hal tersebutlah yang biasanya membuat mahasiswa merasa stres, bahkan sampai jatuh sakit. Dalam menghadapi stres, tentunya setiap orang punya cara sendiri dalam menghadapinya. Berikut beberapa cara menghadapi stres saat kuliah.

1. Berpikir Positif

 

Source: Int.

Setiap orang pasti punya masalah. Sebenarnya berat ringannya masalah itu bukan dari masalah itu sendiri, melainkan pikiran kita. Semakin kita berpikir masalah itu berat, maka beratlah masalah itu. Jika kita dihadapakan tugas yang melimpah, janganlah banyak mengeluh. Semakin banyak mengeluh, pekerjaan itu tidak akan selesai dan hanya membuat kamu merasa tertekan dan galau.

2. Bermain Game

Source: Int.

Ketika kita merasa penat dalam mengerjakan tugas yang menumpuk, bermain game bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stres. Terlebih lagi jika dilakukan beramai-ramai dengan teman-teman. Tetapi jangan sampai dengan bermain game, kamu jadi lupa waktu untuk mengerjakan tugas. Porsikanlah waktu game agar tidak mengganggu waktu belajarmu.

3. Istirahat

Source: Int.

Setelah melakukan aktivitas kampus yang padat, badan tentunya akan lelah begitu juga dengan otak. Beristirahatlah dengan cukup, dengan istirahat yang cukup akan membantu kita untuk dapat berkonsentrasi dalam mengerjakan tugas. Jangan begadang! Anda mungkin berpikir kalau dengan begadang semua tugas akan selesai. Tetapi keesokan harinya, kamu akan mengantuk dan tidak bisa konsentrasi dan fokus di kelas.

4. Jalan-Jalan

Source: Int.

Jalan-jalan juga bisa dijadikan alternatif untuk melampiaskan penat mengerjakan tugas. Kamu bisa keluar jalan-jalan ke tempat yang menjauhkan kamu dari pikiran yang membuat stres. Kamu bisa mendatangi tempat hiburan, wisata, kafe, dan lain-lain. Cobalah untuk me-refresh pikiran kamu. Jangan memaksakan untuk berpikir keras dalam kondisi penat

5. Doa dan Tawakal

Source: Int.

Jika memang kamu sudah berusaha keras dan ternyata kamu tidak bisa menyelesaikannya, jalan terakhir adalah memperbanyak doa dan ibadah serta berpasrah diri dengan semuanya. Orang yang stres adalah orang yang sibuk memikirkan dunia dan lupa bahwa ada Tuhan yang Maha Segalanya. Serahkanlah semua kepada yang di Atas. Usaha tidak akan menghianati hasil. Percayalah bahwa Tuhan akan senantiasa memberikan yang terbaik untuk kita.

Sahabat Estetika, itulah beberapa tips yang bisa sahabat terapkan disaat menghadapi berbagai kesibukan, terutama kesibukan kuliah agar terhindar dari stres. Semoga dengan membaca dan setelah itu menerapkannya sahabat bisa lebih enjoy beraktivitas.

Penulis: Hasrun

Leave a Reply

Skip to toolbar