Halo sahabat estetika! Sekarang lagi musim mudik kan yah. Mudik atau pulang ke kampung halaman selalu menjadi hal yang sangat di tunggu oleh para perantau yang tinggal jauh dari kampung halamannya.

Disaat mudik dengan menggunakan transportasi umum, tidak semua orang bisa menikmati perjalanannya dengan nyaman. Beberapa orang sering mengalami mual atau mabuk perjalanan sehingga malas untuk berpergian.

Mabuk perjalanan atau istilah medis “Motion Sickness” adalah suatu kondisi yang sering dialami oleh orang-orang yang sedang melakukan perjalanan. Mabuk perjalanan ini ditandai dengan timbulnya rasa tidak nyaman dari dalam perut, udara terasa panas, berkeringat, pusing, mual, muntah dan sakit kepala. Mengurangi semangat kita untuk menikmati arus mudik perjalanan. Biar perjalananmu tidak terganggu, di bawah ini ada 5 tips biar perjalanan mudikmu tanpa mabuk dan mual.

1. Makan Dulu Sebelum Berpergian

Source: int.

Untuk anda yang mabuk perjalanan sebaiknya makan dulu sebelum melakukan perjalanan jauh. Hal ini berfungsi menjaga perut anda nyaman sehingga terhindar yang namanya mual.

2. Minum Obat Anti Mabuk

Source: int.

Setelah makan sebaiknya minum obat anti mabuk. Obat anti mabuk ini berfungsi untuk meredakan dan mencegah gejala-gejala akibat mabuk perjalanan seperti mual, muntah serta pusing.

3. Kurangi Aktivitas Membaca atau Bermain Gadget Ketika di Perjalanan

Source: int.

Saat melakukan perjalanan jauh hindarilah yang namanya main gadget dan membaca buku terlalu lama karena terlalu lama melihat tulisan di gadget bisa bikin pusing. Kamu bisa melakukan hal-hal lain seperti mendengarkan musik atau tidur sehingga perjalanan terasa cepat.

4. Membuka Jendela

Source: int.

Agar kamu tidak merasa pengap saat sedang di perjalanan bukalah jendela kendaraan agar kamu bisa mendapatkan udara segar. Sambil mengamati pemandangan sepanjang perjalanan sembari diiringi lagu-lagu.

5. Bawa Minyak Angin atau Aromatherapy

Source: int.

Menghirup aroma minyak angin atau Aromatherapy bisa juga menjadi obat mual. Ketika sedang melakukan perjalanan kamu wajib membawa aromaterapi untuk jaga-jaga siapa tahu kamu mendadak mual. Oleskan minyak angin atau aromaterapi tersebut ke leher dan perut ketika ada gejala yang tidak enak.

Itulah 5 hal yang bisa sahabat estetika bisa lakukan agar tidak mabuk di perjalanan. Semoga bermanfaat 🙂

Penulis : Zulrif’ah Mahmuda

Estetika Tim