Sun. Sep 27th, 2020

SEMANGAT BELAJAR KAMU KURANG? LAKUKAN 4 TIPS INI

Makassar, Estetika Salah satu tugas utama mahasiswa adalah belajar. Namun, sudah jarang kita temui mahasiswa yang benar-benar giat untuk belajar. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yakni kurangnya semangat mereka dalam belajar. Semangat belajar mahasiswa biasanya tidak menentu, kadang terlalu bersemangat, kadang terlalu malas. Tentunya, kamu sangat membutuhkan semangat belajar agar nantinya kamu bisa mengatasi rasa malas kamu itu. Nah, berikut beberapa tips yang harus kamu ketahui dan terapkan untuk meningkatkan semangat belajarmu.

1. Niat

Source: Int.

Niat merupakan pondasi kamu untuk belajar. Biasanya, kita malas untuk belajar karena tidak memiliki niat. Maka dari itu, tanamkan niat dalam diri kamu untuk selalu mau belajar serta berilah beberapa motivasi dalam hidup kamu agar niat kamu semakin kuat untuk belajar. Contoh motivasi yang bisa kamu gunakan, seperti “orang tuaku banting tulang untuk membiayai kuliahku, mengapa aku memilih bersantai disini?”.

2. Gambarkan Mimpimu di Mading

Source: Int.

Mimpi besar merupakan salah satu hal yang bisa membuat semangat belajar kamu meningkat. Contohnya ketika kamu ingin kuliah di luar negeri, tentunya kamu harus mempersiapkan banyak hal, seperti ikut test TOEFL, IELTS, dan lainnya. Untuk itu, buatlah mading di dinding kamar atau kost kamu, kemudian tulislah mimpi-mimpi kamu serta motivasi-motivasi yang membuat mimpimu itu dapat terwujud. Salah satu contoh motivasinya seperti “Jika orang lain bisa mengapa aku tidak!!!“.

3. Buat Kelompok Belajar

Source: Int.

Nah sahabat Estetika, cara ini juga ampuh untuk meningkatkan semangat belajar kamu. Terkadang kita selalu cepat merasa jenuh jika belajar sendirian dan akhirnya memilih untuk tidak belajar. Hal seperti ini yang perlu kamu cegah. Jadi, sangat perlu bagi kita untuk membuat kelompok belajar Bersama dengan teman-teman agar kita tidak cepat merasa jenuh. Tetapi, kelompok belajar ini dibuat untuk belajar bukan untuk hal-hal diluar dari pembelajaran.

4. Carilah Tempat yang Nyaman Untuk Belajar

Source: Int.

Belajar tidak harus disatu tempat saja. Kamu bisa memilih tempat yang nyaman. Tempat yang nyaman juga salah satu faktor yang membuat semangat belajar kamu meningkat. Biasanya, tempat yang tidak nyaman membuat kamu kurang untuk menyerap pembelajaran dan cenderung memuat semangat belajar kamu berkurang. Olehnya, carilah tempat yang membuat kamu nyaman dan bisa menyerap pembelajaran dengan mudah, seperti taman atau tempat yang mempunyai udara segar.

Sahabat Estetika, mendapatkan tugas setiap hari dapat membuat kamu malas untuk kuliah, tapi itu adalah konsekuensi dan tanggung jawab mahasiswa. Semangat belajar kamu hari ini akan kamu rasakan setelah kamu lulus kelak. Kamu yang berprestasi hari ini tidak mempunyai jaminan akan sukses di masa depan. Maka teruslah belajar. Semoga beberapa tips ini bisa berguna untuk meningkatkan semangat belajar Sahabat Estetika. Selamat Mencoba!

Penulis: Muh. Irsyat

Leave a Reply

Skip to toolbar