Sat. Aug 1st, 2020

MESKI SEPELE, DELAPAN HAL BERMANFAAT YANG PERLU DIBAWA SAAT IKUTI UTBK-SBMPTN 2020

Tips, Estetika – Dilansir dari ltmpt.ac.id, pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN). Adapun pendaftaran UTBK-SMPTN 2020 telah dibuka pada hari Selasa (2/6) hingga Sabtu (20/6). Pelaksaan UTBK sendiri akan dimulai pada 5-12 Juli 2020.

Nah, dalam menyiapkan diri untuk mengikuti UTBK-SBMPTN tersebut, kita kadang hanya fokus pada persyaratan mengikuti tes dan menyepelekan sesuatu yang sebenarnya sangat penting lho, Sahabat. Apa saja itu? Berikut tim Estetika telah merangkum barang-barang sepele yang akan bisa berdampak buruk jika Sahabat melupakannya.

1. Pulpen

Source: Google.com

Sebagai pelajar yang baik, sudah seharusnya kita selalu mengikutkan pulpen di dalam tas kita. Pulpen sangat bermanfaat dalam kebutuhan tulis-menulis, baik dalam sehari-hari maupun terkhusus ketika Sahabat mengikuti tes. Misalnya digunakan untuk tanda tangan, menulis nama, coretan jawaban, atau hal urgent lainnya. Malu dong kalau harus meminjam pulpen peserta lainnya. Masih baik kalau dipinjamkan atau peserta lainnya pun membawa, kalau tidak? Bisa-bisa Sahabat dicap tidak siap atau teledor.

2. Pembalut

Source: Google.com

Khusus buat cewek nih, datang bulan tidak pernah terduga terjadinya. Meski Sahabat mengetahui siklus periode haidnya, tidak menutup kemungkinan Sahabat mengalaminya di luar dugaan. Jadi, lebih baik siapkan pembalut ya untuk jaga-jaga.

3. Tisu atau Lap Tangan

Source: Google.com

Tisu sangat bermanfaat untuk menjaga kebersihan Sahabat, baik saat tes maupun ketika melakukan hal lainnya. Sedangkan lap tangan berfungsi menjaga tangan agar tetap kering. Selain itu, Sahabat harus menyiapkannya untuk hal-hal yang tidak terduga. Misalnya, Sahabat tiba-tiba flu maupun mimisan saat ujian akibat tekanan stres.

4. Bekal Makanan

Source: Google.com

Kondisi kantin yang penuh dan antri membuat Sahabat lupa sarapan atau makan siang? Wah, jangan sampai yah Sahabat! Karena perut kosong bisa memengaruhi kondisi kesehatan kita. Jadi, siapkan bekal makanan yah. Selain lebih sehat, tentunya lebih hemat. Tidak lupa air minumnya juga!

5. Tetes Mata

Source: Google.com

Tetes mata sangat penting apabila Sahabat ujian menggunakan komputer di ruangan tertutup ber-AC. Cahaya dari monitor dan udara dingin mampu membuat mata Sahabat jadi lebih lelah. Selain itu, saat Sahabat membawa kendaraan motor atau sepeda saat berangkat ke tempat ujian, debu yang masuk ke mata juga sangat mengganggu. Menggunakan tetes mata bakal menyegarkan kembali mata Sahabat.

6. Uang

Source: Google.com

Yang satu ini sangat perlu sih. Setiap orang pasti membutuhkan uang. Yah, meski beberapa orang mungkin bisa bertahan tanpa membawa uang. Namun di sisi lain, ketika Sahabat lupa membawa sesuatu dan jalan keluarnya adalah harus membeli, maka uang tentunya sangat berperan. Jadi, sisipkan uang di sakunya untuk mempersiapkan diri mengikuti ujian, yah!

7. Kuota Internet

Source: Google.com

Buat apa kuota internet? Jaga-jaga kalau Sahabat sedang memiliki kesulitan atau kebingungan, sehingga Sahabat dapat menghubungi orang tua atau teman. Apalagi jika Sahabat baru ke tempat tersebut atau masih asing dan belum mengetahui seluk-beluknya.

8. Masker dan Handsanitizer

Source: Google.com

Di masa pandemi Covid-19 ini, kita harus mematuhi protokol pencegahan Covid-19, yakni memakai masker, menjaga jarak, juga tetap bersih dengan rajin mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer. Jangan lupa untuk tetap membawa masker cadangan, Sahabat.

Itulah delapan hal yang Sahabat harus perhatikan demi kelancaran proses ujian, khususnya pada UTBK-SBMPTN 2020. Mulai dari berangkat hingga kembali dengan selamat. Good luck for your test!

Penulis: Alfira Damayanti

Leave a Reply

Skip to toolbar