Mon. Sep 28th, 2020

MENU MAKAN SAHUR YANG GAK BIKIN KANTONG TERKURAS DAN ANTI RIBET ALA ANAK KOS

Tak terasa yah kita sudah berada di penghujung bulan suci Ramadan. Yah padahal baru saja datang kemarin, kok sudah mau pergi lagi. Bagi sebagian insan yang tiap harinya hanya adem ayem dan ngorok sana sini, statement tak terasa mungkin saja cocok tapi bagi mereka yang tiap harinya full job alias super sibuk dengan pelbagai aktivitas mungkin saja akan menolak mentah-mentah statement itu karena bagi mereka “sangat terasa”. Eh eh tunggu dulu kita kok sibuk perdebatkan kalimat pertamanya, kali ini kan Estetika hadir untuk memberi solusi kepada sahabat bukan memberikan masalah, seperti memunculkan perdebatan dari hal yang remeh-temeh seperti itu.

Nah, solusi yang akan Estetika tawarkan kali ini sebenarnya dititikberatkan pada anak kos, lah kok anak kos sih, emang kos bisa beranak? Maksudnya tuh mereka-mereka yang tinggal di kos, begitu. Namun, tidak menutup kemungkinan sahabat yang tidak ngekos juga bisa mencobanya nanti.

Buat anak kos yang saat ini jauh dari keluarganya (sedih yah) membuat menu sahur menjadi suatu pekerjaan rumah yang sangat berat. Rasa malas untuk memasak atau pun keluar dari kos untuk membeli makanan tiba-tiba datang dan menetap, terasa sangat sulit. Jalan menuju dapur serasa sangat jauh padahal dapur ada didepan mata. Kita tahu, sahur sangat dianjurkan karena didalamnya terdapat keberkahan dan supaya sahabat kuat menjalani ibadah puasa dan kuat melihat do’i dengan orang lain, eh.

Salah satu sabda Rasulullah Saw tentang sahur:

“Bersahurlah kalian karena sesungguhnya dalam sahur itu ada berkah.” (HR. Bukhari)

Bagi anak kos, kemalasan untuk sahur biasanya disebabkan oleh menu makanan yang itu-itu terus, kalau bukan Mie yah telur atau paling tidak Mie dan telurnya hadir bersama. Mau keluar menjelajah subuh untuk beli makanan tapi kantong sedang tandus. Mau masak sendiri lauknya dengan bahan seadanya tapi tidak tahu mau masak apa. Jadilah, mau tidak mau harus konsumsi itu-itu saja. Eneeeg~

Nah gini loh, supaya sahabat semangat untuk melakukan sahur walaupun kantong lagi tandus-tandusnya, Estetika akan berbagi resep makanan sahur yang pas dikantong untuk anak kos dan dijamin enak tanpa bikin eneg. Simak baik-baik sambil bayangkan.

1. Perkedel Tahu

Source: Int.

Bahan-bahan:

1. Tahu secukupnya dan dihaluskan
2. 1 seledri cincang
3. 2 siung bawang putih haluskan
4. Penyedap rasa secukupnya
5. Garam secukupnya
6. Merica bubuk secukupnya
7. 1 butir telur
8. Tepung terigu
9. Minyak goreng

Cara membuat :

1. Campurkan semua bahan yang sudah dihaluskan dan dicincang, seperti tahu, seledri dan bawang putih.

2. Apabila sudah tercampur rata tambahkan penyedap rasa, garam, merica bubuk secukupnya.

3. Apabila rasanya sudah pas selanjutnya masukan tepung terigu secukupnya. Tujuan pemberian terigu adalah agar mudah dibentuk.

4. Lalu bentuk adonan perkedel tersebut sesuai selera.

5. Masukan adonan perkedel didalam minyak panas, tunggu sampai perkedel berwarna coklat dan angkat.

6. Tiriskan. Dan perkedel siap disajikan, agak makin enak tambahkan saus tomat atau saus sambal untuk perkedel. Satu resep perkedel tahu untuk sahur telah selesai.

Selain perkedel tahu, menu yang satu ini patut untuk sahabat coba. Berikut bahan dan cara membuatnya :

Baca Juga: Bau Mulut Saat Puasa Bikin Keki? Coba Tips Ini.

2. Martabak Mie Telur

Source: Int.

Bahan :
1. 1 bungkus Mie goreng
2. 1 butir telur
3. Minyak goreng

Cara membuat :
1. Panaskan 100 ml air, saat sudah mendidih masukkan mie sampai matang.

2. Kemudian tiriskan mie dan campur bumbu yang terdapat didalam bungkusan mie kemudian aduk sampai rata.

3. Setelah rata masukan telur dan aduk kembali.

4. Kemudian goreng adonan mie tersebut sampai warna kecoklatan. Angkat dan sajikan.

5. Tambahkan saus sambal atau saus tomat sebagai pelengkap.

Itulah kedua resep yang simple buat anak kos yang males masak ribet. Bagi penulis sih doyannya yang point ke dua, enak dan super simple. Tapi dijamin kedua-duanya super enak dan pas dikantong. Kalau tidak, berarti ada yang salah saat pembuatannya.
Selamat mencoba. Pastikan sahurmu tidak terlewatkan yah.

Penulis: Kiki Setia Dewi

Leave a Reply

Skip to toolbar