Halo sahabat Estetika. Mudik lebaran sudah tiba nih. Disaat libur panjang seperti ini, pasti banyak yang mudik di siang hari maupun malam hari. Ada yang menggunakan kendaraan roda dua, ada juga yang menggunakan roda empat. Namun, apapun itu tetap saja berpotensi mengalami hal yang tidak diinginkan. Maka dari itu, Estetika telah menyiapkan beberapa cara agar anda bisa berkendara saat mudik dengan nyaman dan aman. Nah, silakan simak  di bawah ini:

1. Sebelum Berangkat Cek Kondisi Tubuhmu

Source: Int.

Berkendara dengan kondisi tubuh kurang fit akan memperbesar peluang terjadinya kecelakaan di jalan raya. Hindari obat penyebab ngantuk karena akan menyebabkan kecelakaan. Hal tersebut bisa saja terjadi dikarenakan reaksi dari obat yang telah diminum sebelumnya.

2. Jangan Lupa Cek Kondisi Kendaraan.

Source: Int.

Sebelum anda berangkat, lihat kondisi kendaraan anda terlebih dahulu, seperti rem, ban, dan mesin kendaraan lainnya. Jangan lupa cek lampu kendaraan, karena lampu adalah salah satu komponen terpenting saat berkendara di malam hari. Pastikan kedua lampu menyala dan dalam kondisi yang baik. Jangan menggunakan lampu jarak jauh terus-menurus jika tidak diperlukan, karena bisa menghalangi penglihatan orang lain saat berkendara.

3. Gunakan Jalur Alternatif

Source: Int.

Jalanan alternatif adalah jalan yang mempercepat perjalanan anda seperti jalan kompas atau jalur cepat ke tujuan. Gunakan jalur alternatif agar bisa mempersingkat waktu perjalanan. Namun, hati-hati memilih jalur alternatif karena biasanya jalur tersebut sepi di malam hari.

4. Membawa Perlengkapan Darurat

Source: Int.

Bagi yang berkendara menggunakan mobil, membawa perlengkapan darurat merupakan hal yang paling penting terlebih saat perjalanan jauh. Bawalah perlengkapan seperti dongkrak, berbagai macam kunci, obeng, air radiator (coolant), dan ban cadangan. Anda tidak pernah tahu kondisi apa yang akan terjadi di jalan.

5. Menggunakan Aplikasi Maps

Source: Int.

Aplikasi Maps memiliki peran yang penting ketika berkendara. Anda bisa saja lupa kemana arah yang dituju, sementara di malam hari orang-orang akan berada di dalam rumah sehingga sulit untuk ditanyai arah. Maka dari itu aplikasi Maps akan sangat membantu. Namun, menggunakan maps saat mengendarai motor sangat tidak dianjurkan kecuali anda punya boncengan. Jadi, tetap hati-hati, ya!

6. Biar Lambat Asal Selamat

Source: Int.

Kemudikan kendaraan anda dengan kecepatan yang normal. Hindari berkendara dengan kecepatan yang tinggi terlebih ketika sedang di daerah perkotaan. Seperti kata orang-orang, biar lambat asal selamat. Anda harus memperhatikan keselamatanmu dan orang-orang di sekitarmu.

Nah, itulah tadi beberapa tips berkendara saat mudik baik itu siang hari maupun di malam hari. Semoga bermanfaat bagi Sahabat Estetika dan tetap utamakan keselamatan.

Selamat berkendara!

Penulis: Suci Ramadani

Estetika Tim