Thu. Sep 17th, 2020

MAHASISWA FBS WAJIB BACA: ENAM TEMPAT STRATEGIS DI FBS

Makassar, Estetika – Sahabat Estetika pasti punya tempat-tempat favorit di FBS, baik untuk sekadar duduk-duduk sambil menunggu kelas berikutnya maupun tempat berkumpul dengan teman-teman sambil menikmati cemilan. Berikut adalah tempat-tempat strategis yang dapat kalian datangi:

1. Gazebo

Gazebo. Foto: Novira Aprianti

Gazebo bisa dibilang sebagai tempat berkumpul para pemikir FBS. Mengapa demikian? Karena di tempat inilah lahir ide-ide gerakan di FBS. Disinilah berbagai pembahasan dibicarakan, didiskusikan, dan seringkali disertai dengan guyonan. Letak Gazebo cukup strategis karena berhadapan langsung dengan lapangan basket serta berdekatan dengan gedung DH dan gedung DG, bahkan berseberangan pula dengan sekretariat BEM dan Maperwa. Maka tidak heran kalau tempat ini terkenal sebagai salah satu pusat para pemikir FBS. Tapi bukan berarti tempat ini selalu dipenuhi dengan keseriusan. Gazebo sangat nyaman untuk dijadikan tempat istirahat di bawah rindangnya pepohonan sekitar, sambil duduk-duduk minum kopi atau berbaring sejenak pun tidak jadi masalah.

2. Bale-bale

INT.

Selain Gazebo, FBS juga punya tempat bersantai yang dapat dinikmati sambil duduk-duduk bersama teman membahas tugas hingga dosen tiba, atau bahkan tak jarang ada pula yang berbaring santai sambil membaca buku yang mereka bawa, tempat itu biasa disebut Bale-bale. Hampir sama bentuknya dengan Gazebo, namun Bale-bale lebih kecil dan tinggi. Bale-bale ini bukan hanya tersedia satu loh, melainkan ada tiga sejajar walau agak berjarak. Ketiga Bale-bale ini terletak tepat di depan gedung DH, dua diantaranya berhadapan langsung pula dengan lapangan basket FBS. Jadi jika ada event di lapangan basket, pasti kedua Bale-bale tersebut sangat berguna untuk para mahasiswa.

3. Pohon Aristoteles

Pohon Aristoteles. Foto: Novira Aprianti

Entah siapa yang memulai memberikan nama pohon ini dengan nama filsuf. Namun secara konvensional mahasiswa FBS sering menyebutnya dengan Pohon Aristoteles. Filsafat banget bukan? Tempat ini bisa dibilang tempat paling strategis bagi para mahasiswa FBS khususnya untuk mahasiswa prodi PBSI karena letaknya berhadapan langsung dengan gedung DG yang didominasi oleh ruang kelas prodi PBSI. Selain terbilang sejuk karena rindangnya pohon tersebut, tempat ini juga dilengkapi dengan stop kontak sehingga kalian bisa berdiskusi sambil mengisi baterai handphone Anda. Tempat ini juga dilengkapi dengan empat tempat duduk yang dibuat setengah lingkaran membelakangi pohon di masing-masing sisi, sehingga kalian dapat dengan mudah membahas perbincangan asik dengan teman kalian. Bazar buku atau lapak baca pun sering digelar di bawah teduhnya pohon ini sahabat Estetika.

4. Koridor

Koridor. Foto: Novira Aprianti

Bergeser dari Pohon Aristoteles, kita beralih ke koridor. Jika di Pohon Aristoteles terdapat stop kontak yang memudahkan kalian untuk mengisi baterai handphone Anda, koridor pun dilengkapi pula dengan stop kontak yang lebih tertata dan terletak di sela-sela tempat duduk atas yang dapat difungsikan juga sebagai meja. Meja? Yap! Karena terdapat pula tempat duduk lebih rendah dan memanjang sejajar dengan meja atau tempat duduk yang lebih tinggi di depannya. Tempat ini biasa digunakan para mahasiswa untuk mengerjakan tugas yang ada dilaptop sambil memanfaatkan stop kontak untuk mengisi baterai laptop mereka. Tidak hanya itu, karena letaknya yang berdekatan dengan Kantin Aqila jadi penyelesaian tugas para mahasiswa biasa dilakukan sambil menyantap cemilan mau pun minuman yang mereka beli dari kantin.

5. Area Kantin Jerman

Area Kantin Jerman. Foto: Novira Aprianti

Untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman maupun Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat ini. Di kantin tentunya terdapat berbagai makanan dan minuman, namun kelebihan tempat ini adalah tepat di depan kantin tersedia tempat duduk semen yang dilengkapi dengan meja semen dan payung atap yang berbentuk melingkar, dan bukan hanya satu melainkan tiga dengan bentuk yang sama. Walau agak gersang saat siang tiba tapi tidak mengurangi keinginan mahasiswa untuk tetap sekadar berkumpul mengobrol bersama teman-teman mereka. Ngomong-ngomong soal namanya “Kantin Jerman”, bukan berarti pengunjung atau yang nongkrong di tempat ini hanya mahasiswa Prodi Bahasa Jerman, tempat ini dikunjungi dari berbagai jurusan karena tempatnya yang dekat dengan parkiran, pintu gerbang masuk FBS, dan berseberangan dengan tempat print.

6. Belakang Panggung Dg. Pamatte

Belakang Panggung Dg. Pamatte. Foto: Novira Aprianti

Satu lagi tempat teduh di FBS yang sangat strategis, yaitu Belakang Panggung Dg. Pamatte atau biasa disebut “Belakang Bestra”. Untuk kalian yang hanya ingin berkumpul dengan teman-teman sekadar ingin bertukar cerita atau ingin menenangkan diri dari segala keramaian kampus, nah tempat inilah yang cocok dengan kalian. Walau hanya beratapkan kerindangan pohon namun tempat ini cukup tenang dan kalian pun dapat memperhatikan siapa-siapa saja yang datang dan pergi karena gerbang FBS dapat kita pantau dari tempat ini.

Itulah enam tempat stategis yang Estetika rekomendasikan untuk kalian kunjungi. Ingat ya, setiap tempat memiliki sensasi yang berbeda. Bergantung kalian menikmati dan nyaman dengan keadaan di tempat-tempat tersebut.

Penulis: Novira Aprianti

Leave a Reply

Skip to toolbar