Estetika – Selain untuk memperoleh ilmu, perkuliahan bagi mahasiswa juga bertujuan untuk memperoleh IP yang tinggi. Namun tak jarang bagi para mahasiswa khususnya para Maba (mahasiswa baru) sering kali bertanya “IP itu apa sih?”.

IP sendiri adalah singkatan dari Indeks Prestasi dimana IP ini merupakan sistem penilaian di perguruan tinggi, serta menjadi tolak ukur keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan.

Bagi kalian para mahasiwa yang sudah berusaha namun sampai saat ini belum pernah mendapat IP yang lumayan bagus. Perlu menguasai tips-tips untuk memperoleh IP yang tinggi tidak terkecuali yang menjadi mahasiswa baru, perlu untuk menargetkan IP yang bagus agar dari awal sudah serius belajar untuk meraih IP yang memuaskan.

Estetika akan berbagi kepada kalian tentang cara untuk memperoleh IP yang tinggi. Berikut ini beberapa jurus ampuh yang perlu anda pelajari dan terapkan dalam proses perkuliahan.

1. Menuliskan target IP tiap semester

Sumber foto: sia.unm.ac.id

Untuk memperoleh IP tinggi, jurus pertama yang harus dilakukan yaitu dengan menulis target IP yang akan dicapai. Misalnya, anda mengambil secarik kertas dan menuliskan “IP semester kali ini harus di atas 3,80”, lalu anda tempelkan tulisan tersebut di dinding kamar yang setiap saat bisa terlihat dengan jelas. Jangan pernah berpikir itu akan terwujud atau tidak, terlalu tinggi atau terlalu muluk. Tulis saja! Karena tulisan tersebut dapat menjadi semacam pengingat bahwa kita mempunyai target yang harus dicapai tiap semesternya.

Tulisan tersebut juga sebagai pemacu semangat anda dalam menjalani kuliah saat anda merasa malas, bosan, dan lelah kuliah. Hal itulah yang akhirnya mengingatkan anda bahwa tulisan target IP itu menjadi wujud awal dari komitmen dalam mencapai IP sesuai dengan impian.

2. Menghadiri 99 Persen Perkuliahan

Sumber foto: Blogger.com

Sebagai mahasiswa sudah seharusnya tugas anda untuk rajin kuliah. Setiap ada mata kuliah usahakanlah untuk terus hadir agar tidak tertinggal materi kuliah. Kita bisa saja menyalin materi atau hand out kuliah jika kita tertinggal atau tidak dapat hadir. Namun, kehadiran secara fisik dan pikiran akan membuat pemahaman ilmu yang teman-teman dapatkan lebih lengkap.

Tidak hadir dalam satu perkuliahan akan menyebabkan skor kehadiran anda berkurang dan otomatis nilai anda tidak akan maksimal. Target untuk mendapatkan IP tinggi tentu saja tidak akan tercapai.

3. Selalu Mengerjakan Tugas dan Memprioritaskan Kuliah

Sumber foto: Okezone news

Selain kehadiran, tetaplah memprioritaskan kuliah dan mengerjakan tugas yang diberikan dosen. Belajarlah untuk menolak tawaran-tawaran dari teman yang membuat tugas terbengkalai misalnya ajakan main, hang out, nonton bareng pertandingan sepakbola, nge-game , nonton film ataupun sekadar nongkrong, sebelum tugas kuliah rampung dikerjakan. Karena nilai tugas itu berpengaruh 15 – 25 persen terhadap nilai akhir semester.

4. Mengikuti Semua Ujian

Sumber foto: Interaztv.com

Dalam sistem perkuliahan terdapat beberapa jenis ujian baik itu berupa kuis, Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Dari ketiga ujian tersebut anda harus mengikuti semuanya jika ingin mendapat IP tinggi dan tidak mengulang atau remedial dalam mata kuliah tersebut.

Ujian yang berupa kuis biasanya dibuat secara mendadak namun tidak jarang sebagian dosen sudah menjadwalkannya sejak awal. Berbeda halnya dengan UTS dan UAS, yang apabila tidak diikuti oleh mahasiswa bisa-bisa gagal dalam mata kuliah tersebut. Karena sebagian perguruan tinggi baik negeri maupun swasta ada yang menerapkan peraturan bahwa tidak ada ujian susulan dan menyebabkan mahasiswa tersebut mengulang mata kuliah yang sama di semester berikutnya.

5. Aktif di Kelas

Sumber foto: youthmanual

Tips ini merupakan sebuah nilai tambah bagi kalian yang menerapkannya, karena dengan aktif menjelaskan, memberikan pertanyaan, maupun pernyataan, dapat mempengaruhi tingginya nilai seorang mahasiswa. Misalnya aktif berpartisipasi dalam sesi presentasi, dimana tugas presentasi ini biasanya adalah tugas kelompok sehingga yang maju di depan kelas satu kelompok atau lebih dari satu orang.

Hal tersebut mewajibkan anda untuk menjawab pertanyaan dari kelompok lain. Setelah sesi kelompok anda, sempatkan juga bertanya pada kelompok lain. Sehingga dosen yang mengajar juga akan berusaha mengenal anda dan percaya bahwa anda adalah orang yang memang pantas untuk diluluskan dan diberi nilai bagus karena dosen akan memberikan nilai positif terhadap setiap mahasiswa yang aktif di kelas. Nah,  jadi jangan pernah takut atau malu untuk bertanya.

6. Aktif di Organisasi Kemahasiwaan

Sumber foto: Marlia Inayah/ Estetikapers.

Cukup banyak mahasiswa yang salah kaprah mengenai organisasi kemahasiswaan yang membuat seseorang memiliki nilai buruk dan akan lama menyelesaikan kuliahnya karena faktor organisasi tersebut. Sebenarnya hal tersebut merupakan pemikiran yang dangkal dan sebaiknya diubah, sebab pemikiran tersebut justru berbanding terbalik dengan fakta yang membuktikan tidak sedikit mahasiswa aktivis yang dapat lulus dengan predikat cumlaude,

Untuk memperoleh IP yang tinggi tiap semester anda tidak hanya semata-mata dituntut untuk memperoleh ilmu di bangku perkuliahan. Sangat disarankan bagi para mahasiswa untuk turut bergabung di organisasi kemahasiswaan yang berhubungan dengan keilmuan atau keahlian sesuai disiplin ilmu yang dipelajari di bangku perkuliahan. Bergabung di organisasi kemahasiswaan juga turut mengasah jiwa kepemimpinan, manajerial, dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang dapat diperoleh dalam organisasi kemahasiswaan.

Kurang lebih itulah beberapa jurus yang perlu anda kuasai untuk memperoleh IP tinggi. Semoga anda dapat mengaplikasikannya dalam perkuliahan. Namun ingatlah satu hal bahwa IP tinggi tidak menjamin masa depan kita, tidak menjamin kita mudah mendapatkan pekerjaan dan jabatan tinggi, yang dapat menjamin itu semua adalah ilmu pengetahuan yang kita miliki. Jadi tetaplah berusaha untuk menjadi lebih baik lagi.

Penulis: Marlia Inayah

Estetika Tim