Sat. Oct 31st, 2020

JADI WISUDAWAN CUM LAUDE BUKAN HAL YANG SULIT DENGAN 5 TIPS INI

Makassar, Estetika Halo Sahabat Estetika! Siapa sih yang tidak mau menyandang predikat kehormatan atau Cum Laude saat wisuda? Pastinya hal tersebut sudah menjadi impian setiap mahasiswa. Tapi, apa itu menjadi sebatas impian saja? Pasti sulit sekali meraih gelar tersebut.

Kini Sahabat harus buang semua pikiran itu jauh-jauh, karena dengan 5 tips dibawah ini akan membantu Sahabat menyandang predikat tersebut dengan mudah. Jadi simak dengan seksama yah!

1. Menghadiri Semua Kelas

Source: Int.

Hal pertama ini sangatlah penting. Jadi, kalian harus usahain ngisi absensi dosen dengan kehadiran full, karena sebagian dari dosen menganggap nilai kehadiran itu paling penting. Jangan sampai bolos kelas karena dosen biasanya akan memberi sanksi, seperti mengurangi poin penilaian Sahabat. Bahkan ada juga dosen yang minta mata kuliahnya didrop kalau kalian selalu bolos. Kalau hal tersebut terjadi, Sahabat harus mengulang mata kuliah tersebut dan tentunya membuat IPK menurun, sehingga menghalangi untuk medapat gelar Cum Laude.

2. Tentukan Tipe Belajar

Source: Int.

Buat Sahabat Estetika yang merasa pelajaran sulit banget untuk masuk ke otak, mungkin itu karena Sahabat belum tahu tipe belajar kalian. Tipe pertama itu visual, biasanya tipe ini mudah untuk menyerap materi kuliah dengan membaca atau melihat. Tipe kedua yaitu auditori, biasanya informasi yang didapat lewat lisan, ini cocok banget buat Sahabat yang suka ikut diskusi. Tipe ketiga kinestetik, tipe ini suka sekali ikut praktek atau dicontohkan terlebih dahulu agar dapat menerima informasi. Dengan mengetahui tipe belajar kalian, dijamin pelajaran yang didapat akan mudah dipahami.

3. Ikut Forum Diskusi

Source: Int.

Kepercayaan diri di dalam kelas adalah hal yang perlu diperhatikan. Selain menjadi nilai tambah, dapat juga memberikan banyak kemudahan saat Sahabat melakukan proses pembelajaram. Biasanya, ada Sahabat yang malu untuk bertanya mengenai materi yang belum jelas kepada dosen. Nah, salah satu jalan keluar dari masalah tersebut yaitu dengan diskusi. Berdiskusi dengan teman angkatan atau senior membuat kalian dapat menambah kepercayaan diri dan pastinya tidak sungkan mempertanyakan materi yang tidak dipahami.

4. Pasang Target Untuk Lulus

Source: Int.

Dengan memiliki target, Sahabat mendapatkan motivasi yang besar agar bisa selesai dengan cepat dan jika semangat kendur, kalian dapat mengingat kembali target yang harus dicapai. Untuk itu, Sahabat boleh menempel target tersebut di dinding atau di mana saja agar Sahabat bisa selau ingat hal apa yang ingin Sahabat capai.

5. Selalu Berdoa

Source: Int.

Setelah usaha yang dilakukan, ada baiknya jika Sahabat selalu berdoa karna segala ketentuan yang ada itu hanya milik Tuhan.
Kita boleh berusaha, tetapi tetap Tuhan yang menentukan. Seperti kata orang bijak, bahwa usaha harus dibarengi dengan doa agar seimbang.

Nah, tipsnya mudah banget untuk Sahabat lakukan, jadi selamat mencoba, semoga tipsnya membantu teman-teman untuk menjadi mahasiswa Cum Laude.

Penulis: Nur Rahma

Leave a Reply

Skip to toolbar