Sat. Oct 31st, 2020

INGIN TETAP SEHAT SAAT BERAKTIVITAS DI BULAN PUASA? IKUTI TIPS BERIKUT

Makassar, Estetika Saat ini Sahabat Estetika tengah menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di penjuru dunia. Puasa itu sendiri adalah ibadah untuk melawan lapar, haus dan hawa nafsu dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Lama berpuasa di berbagai negara itu berbeda-beda dan di Indonesia itu sendiri harus berpuasa selama 14 jam. Tentu saja banyak diantara anda yang beraktivitas di tengah menjalankan puasa. Tapi hal itu tidak menjadi alasan untuk tidak tetap sehat dan bugar, bukan?

Tenang saja, kami akan memberikan tips memilih makanan yang tepat dikonsumsi pada saat sahur dan berbuka serta hal-hal yang sebaiknya dihindari agar tetap sehat saat menjalankan puasa.

1. Konsumsi Air Putih

Source: Iriani Putri amalia/Estetikapers.

Pada saat sahur, anda harus perbanyak mengonsumsi air putih agar pada saat berpuasa kalian tidak akan mengalami dehidrasi. Dan sebaiknya, jangan mengonsumsi minuman yang mengandung kafein karena kafein sendiri memiliki efek diuretic sehingga membuat cepat lemas saat beraktivitas.

2. Jangan Lupa Makan Buah dan Sayuran

Source: Iriani Putri Amalia/Estetikapers.

Perbanyak memakan buah-buahan dan sayuran segar karena terdapat banyak vitamin sehingga dapat membuat anda tetap kenyang saat berpuasa, contohnya buah kurma. Ajaran islam pun menganjurkan buah ini untuk dikonsumsi karena baik buat kesehatan.

3. Konsumsi Makanan yang Mengandung Protein

Source: Internet.

Telur, daging, ayam merupakan makanan yang mengandung protein yang akan dicerna secara perlahan sehingga anda tidak mudah lapar saat beraktivitas. Sementara untuk minumannya, susu adalah minuman yang mudah dicerna tubuh sehingga memberikan banyak energi.

4. Hindari Minuman dan Makanan Manis

Source: Iriani Putri Amalia/Estetikapers.

Anda harus menghindari mengonsumsi terlalu banyak makanan dan minuman yang manis. Meskipun dapat membuat sensasi segar dan enak tetapi jika terlalu berlebihan akan membuat kadar gula anda naik dan nantinya dapat menyebabkan diabetes.

5. Kurangi Makan Gorengan

Source: Iriani Putri Amalia/Estetikapers.

Sahabat Estetika juga harus menghindari mengonsumsi makanan yang digoreng. Di Indonesia, makanan yang wajib ada pada saat berbuka adalah makanan manis dan gorengan. Dilansir detik.com, mengonsumsi makanan yang digoreng bisa memperlambat proses pencernaan. Tak hanya itu, gorengan juga dapat mengakibatkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan menumpuknya lemak dalam tubuh.

6. Jangan Makan Makanan Pedas

Source: Internet.

Mayoritas masyarakat Indonesia sangat menyukai makanan yang pedas. Anda harus tau, memakan makanan yang pedas saat perut kosong dapat menyebabkan perut menjadi sakit sehingga menumbulkan asam lambung.

Itulah beberapa tips yang kami berikan kepada Sahabat Estetika agar tetap sehat dan bugar saat menjalani ibadah puasa.

Selamat mencoba!

Penulis : Iriani Putri Amalia

Leave a Reply

Skip to toolbar