Wed. Sep 30th, 2020

INGIN RAMADAN ANDA LEBIH BERKUALITAS DAN BERMANFAAT? YUK SIMAK TIPS BERIKUT!

Marhaban Ya Ramadhan, Sahabat Estetika. Yah, meskipun agak telat ucapan dan tipsnya tapi tidak apalah, toh tulisan ini juga tidak akan basi seperti susu yang diletakkan di atas meja yang terkena udara bebas. Sahabat bisa buka dan akses terus tulisan ini nantinya. Mau buka di pagi hari, siang hari maupun malam hari, bebas tidak ada larangan asal sahabat jangan buka puasa di siang hari tapi bukalah tulisan ini.

Saat ini umat muslim di seluruh dunia sedang menunaikan sebuah ibadah wajib yang rutin dilakukan setiap tahunnya, yaitu puasa. Salah satu tujuan dari puasa wajib yang dilakukan selama sebulan ini agar kita dapat merasakan hidup saudara-saudara kita di luar sana yang kurang beruntung.

Namun, bulan Ramadan bukan hanya tentang berpuasa. Bulan Ramadan adalah bulan yang istimewa dan penuh berkah. Oleh karena itu, para umat muslim berlomba-lomba untuk beribadah dan berbuat kebaikan saat bulan ini tiba.

Tapi, sebagian dari sahabat pasti masih bingung, melongo, berkhayal, berimajinasi dan apalah itu tentang apa yang perlu dilakukan agar Ramadan tidak sia-sia. Jangan khawatir, jangan risau, tenang Estetika akan memberikan beberapa tips yang harusnya sih wajib sahabat aplikasikan nantinya, tentang hal-hal yang akan membuat Ramadan sahabat lebih berkualitas, bermanfaat dan tentunya akan mendekatkan sahabat dengan yang maha kuasa. Check it out!

1. Jangan Tunda Salat Lima Waktu

Source: Int.

Kalau pada hari biasa anda suka menunda salat, coba usahakan di bulan Ramadan ini untuk salat di awal waktu dan jangan lagi suka menunda pengerjaannya. Pahala yang akan kamu terima akan lebih besar, lho! Mengingat saat ini adalah bulan Ramadan, bulan di mana Allah SWT akan melipat gandakan pahala ibadah hambanya tidak terkecuali ibadah salat.

2. Lakukan ODOJ

Source: Int.

Sisihkan waktu untuk membaca Al-Qur’an. Lakukan ODOJ alias One Day One Juz agar anda bisa menamatkan 30 juz selama bulan Ramadhan. Jika sedang sibuk, paling tidak luangkan waktu anda untuk sekadar membaca beberapa lembar ataupun kalau memang sedang super sibuk seperti orang-orang penting cukup beberapa ayat saja. Jangan sampai dalam sehari kamu tidak sedikit pun membaca Al-Qur’an.

3. Laksanakan Salat Tarwih

Source: Int.

Jangan melewatkan salat tarwih. Ibadah satu ini hanya ada di bulan Ramadhan, sayang sekali kalau dilewatkan begitu saja. Daripada tidak melakukan apa-apa di rumah atau hanya sekadar berjalan-jalan, lebih baik pergi ke masjid terdekat untuk melaksanakan ibadah salat tarwih. Rakaatnya juga tidak banyak kok, tidak akan buat kamu jatuh pingsan kecuali kalau kamu melaksanakannya saat sedang sakit atau ada gangguan lain.

4. Bersedekah

Source: Int.

Banyak bersedekah. Tidak perlu bersedekah dalam nominal yang besar, anda bisa memulai dengan hal kecil seperti memasukkan beberapa uang saku ke kotak amal masjid yang selalu lalu lalang di bagian depan shaf kamu ketika mendengar ceramah sebelum ibadah salat tarwih dimulai ataupun bisa juga dengan membantu menghilangkan dahaga dan lapar orang yang berpuasa dengan kata lain kamu memberi makanan buka puasa saat waktu berbuka puasa karena kalau dilakukan saat siang bolong, wah bahaya, bukannya dapat pahala malah dapat dosa. Selain itu, kalau memang saat ini kantong kamu sedang tebal-tebalnya tidak ada ruginya bersedekah dengan skala besar, yah tentu pahalanya juga besar.

5. Bersihkan hati dan pikiran.

Source: Int.

Puasa bukan hanya tentang menahan haus dan dahaga loh Sahabat Estetika, tapi juga menahan diri dari amarah dan segala perbuatan buruk lainnya. Bukan hanya perut dan kerongkongan yang berpuasa tapi seluruh bagian dari diri kita juga harus berpuasa. Mari bersihkan hati dan pikiran serta fokus untuk mendekatkan diri pada Allah SWT bukan mendekatkan diri dengan sirup dan sejenisnya saat sedang puasa apalagi pada saat cuaca sedang terik-teriknya, bisa membuat pikiran kacau balau.

Yah, sekian dulu beberapa tips yang mudah-mudahan bermanfaat bagi sahabat. Tips di atas bisa sahabat terapkan agar Ramadan kamu lebih bermanfaat. Semoga senantiasa diberkati rahmat oleh Allah SWT dan segala perbuatan yang dilakukan akan bernilai ibadah di sisinya.

Selamat mencoba Sahabat Estetika!

Penulis: Tiara Aini Basri

Leave a Reply

Skip to toolbar