Sat. Oct 31st, 2020

INGIN KOLEKSI BUKUMU TETAP AWET? LAKUKAN TIPS INI

Sebelum masuk ke pembahasan, terlebih dahulu Estetika mengucapkan selamat Hari Buku Nasional kepada Sahabat pecinta, pengoleksi, penggila dan pembaca buku yang jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018.

“Aku rela dipenjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku merasa bebas”. Mohammad Hatta.

Memiliki koleksi buku sendiri tentu saja merupakan hal yang menyenangkan. Namun, kesenangan itu bisa berubah menjadi kekecewaan jika buku-buku tersebut rusak karena tidak dirawat dengan baik.

Kali ini, Estetika menyajikan tips bagi sahabat Estetika mengenai cara merawat koleksi buku. Nah, Berikut cara merawat koleksi buku ala Estetika yang Sahabat bisa terapkan:

1. Rawat Buku dengan Membuat Aturan Membaca.

Source: Andi Fitrah Insaan/Estetikapers.

Membuat aturan membaca merupakan hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjaga buku. Mungkin terkesan sangat mengekang, tetapi aturan-aturan tersebut akan efektif dalam menjamin buku Anda tetap terawat.

Sebagai contoh, berikut aturan yang bisa Anda terapkan:

– Jangan lipat lembaran buku untuk menandai bacaan, tetapi sebaiknya gunakan pembatas buku.

– Jangan menggulung buku saat membaca. Hal ini dapat menyebabkan lembaran kertas mudah lepas dari punggung buku.

– Jangan makan dan minum saat membaca. Melakukan ini bisa membuat buku Anda kotor. Pastikan juga tangan Anda bersih saat membaca.

2. Kiat-kiat Melindungi Buku.

Source: Andi Fitrah Insaan/Estetikapers.

Selain membuat aturan membaca, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk melindungi buku. Contoh perlindungan yang bisa Anda berikan, sebagai berikut:

– Bungkus sampul buku dengan plastik. Plastik dapat menjadi perlindungan pertama bagi buku Anda dari tetesan air dan semacamnya. Selain itu, plastik juga dapat menjaga ketahanan sampul. Sebaiknya, jangan gunakan stapler untuk merekatkan plastik. Besi dari stapler bisa berkarat dan malah merusak buku, sebaliknya gunakan plester.

– Gunakan tote bag atau pembungkus lain saat Anda membawa buku di tas. Hal ini guna melindungi buku dari kerusakan saat dijejalkan bersama benda-benda lain dalam tas. Jangan sampai buku Anda rusak karena bergesekan dengan alat tulis. Anda tidak mau itu terjadi, bukan?

3. Mengatur Penyimpanan Buku

Source: Andi Fitrah Insaan/Estetikapers.

Cara menyimpan buku juga berperan penting dalam kiat merawat koleksi Anda. Hindari penyimpanan buku yang dapat merusak koleksi Anda, lakukan langkah di bawah ini:

– Sebaiknya atur buku di rak atau lemari dengan posisi berdiri. Jangan susun buku dengan cara dibaringkan karena tekanan dan beban dari atas dapat merusak buku yang di bawah secara perlahan.

– Simpan buku di tempat yang kering alias tidak lembab. Jika buku disimpan ditempat lembab, maka buku terancam ditumbuhi jamur dan bisa menjadi basah karena menyerap kelembapan di sekitar. Gunakan dehumidifier alias serap air untuk menyerap udara lembab di sekitar tempat penyimpanan buku Anda.

– Kapur barus efektif untuk menjauhkan buku dari hewan-hewan yang berpotensi merusak buku Anda. Letakkan kapur barus di sekitar buku. Namun, hal ini menimpulkan pro dan kontra karena sebagian besar orang juga terganggu dengan bau kapur barus.

– Jika buku Anda terlanjur rusak, terinfeksi jamur dan semacamnya, hindarkan buku yang rusak dari buku lain yang masih sehat.
Karena jamur merupakan makhluk hidup yang akan terus tumbuh dan berkembang biak.

Demikian tips dari Estetika. Kiat-kiat tersebut dapat Sahabat lakukan untuk merawat koleksi buku yang dimiliki. Sebagai bonus, adanya aturan-aturan ketat dalam membaca buku dapat menghindarkan buku dari tangan-tangan jahil pembaca yang tidak bertanggung jawab.

Selamat mencoba Sahabat Estetika!

Penulis: Andi Fitrah Insaan

Leave a Reply

Skip to toolbar