Wed. Sep 30th, 2020

INGIN DAPAT BEASISWA? LAKUKAN 5 TRIK CERDAS INI

Makassar, Estetika – Mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, siapa yang tidak mau? Semua orang tahu bahwa biaya pendidikan saat ini tidaklah sedikit. Siapa sih yang tidak ingin kuliah gratis? Selain itu, memperoleh beasiswa menjadi kebanggaan tersendiri karena tidak semua orang bisa mendapatkan beasiswa.

Nah, apakah sahabat Estetika salah satu yang tergiur untuk memperoleh beasiswa? Kalau ya, berikut 5 trik cerdas yang bisa kalian terapkan untuk dapatkan beasiswa.

1. Lihat Peluang

Source: Int.

Ada banyak program beasiswa yang saat ini ditawarkan, baik itu beasiswa dari universitas, beasiswa dari pemerintah, ataupun beasiswa dari pihak swasta. Yang harus sahabat Estetika lakukan untuk mendapatkan beasiswa dari universitas adalah anda harus lebih rajin mengunjungi bagian akademik kampus untuk mencari informasi terkait beasiswa dari kampus dan apa saja persyaratannya. Apakah kampus menyediakan beasiswa atau tidak? Namun, jika memang belum ada informasi beasiswa, jangan kecewa. Mengapa? Karena saat ini banyak sekali program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah maupun swasta untuk mahasiswa berprestasi.

2. Rajin Belajar

Source: Int.

Jika anda ingin memperoleh beasiswa, maka rajinlah belajar. Anda tidak akan bisa memperoleh beasiswa jika nilai anda tidak memenuhi syarat. Program beasiswa yang disediakan oleh pemerintah, beasiswa dari pihak swasta, dan beasiswa dari kampus mensyaratakan nilai IPK tertentu untuk mendapatkan beasiswa. Anda tidak mungkin mengajukan beasiswa jika IPK anda tidak memenuhi persyaratan. Olehnya, anda harus lebih giat dan menambah porsi belajar anda.

3. Aktif Organisasi

Source: Int.

Selain dari nilai anda harus memenuhi persyaratan, satu hal yang biasanya menjadi bahan pertimbangan pemberi beasiswa adalah anda aktif dalam organisasi, baik itu di dalam kampus atau di luar kampus. Biasanya mereka akan meminta bukti berupa surat aktif organisasi. Ini menandakan bahwa anda memiliki kemampuan sosial yang baik dan lainnya. Nah, jadi untuk sahabat Estetika, jangan cuma bagus di bidang akademik saja tapi juga aktif dalam keorganisasian.

4. Bersahabat dengan Website

Source: Int.

Saat ini, untuk mencari informasi seputar beasiswa sudah tidak sulit lagi. Sekarang zaman dimana semuanya serba online, maka dari itu rajin-rajinlah membuka website. Berselancar di dunia maya untuk mencari beasiswa lebih produktif dibanding dengan menghabiskan waktu di depan laptop hanya untuk mendowload sesuatu yang tidak terlalu bermanfaat. Jangan sampai anda tertinggal informasi terbaru seputar beasiswa dari pemerintah ataupun pihak swasta.

5. Doa

Source: Int.

Nah, yang satu ini adalah yang paling utama. Sahabat Estetika harus memperbanyak doa kepada Tuhan yang maha kuasa. Segala usaha yang diringi doa diharapkan akan memberikan hasil yang maksimal. Dan tentunya, jangan lupa untuk minta doa dari orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman sehingga apa yang diharapkan dapat tercapai.

Demikianlah beberapa tips tentang cara mendapatkan beasiswa yang bisa anda terapkan. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba sahabat Estetika!

Penulis: Nur Amalia Amir

Leave a Reply

Skip to toolbar