Gigi adalah organ yang penting bagi manusia. Selain sebagai salah satu organ pencernaan, gigi juga merupakan bagian terpenting dari kepercayaan diri setiap orang. Bayangkan saja saat Sahabat berbicara namun giginya ompong alias tidak lengkap, atau bahkan saat Sahabat tersenyum eh ternyata giginya kuning. Pasti bikin tengsin banget kan?

Lalu bagaimana sih cara mengatasi gigi kuning? Nah, berikut Estetika siapkan beberapa tips agar gigi tetap terlihat putih sepanjang hari dan tentunya selalu percaya diri.

1. Sikat Gigi Pakai Arang Aktif

Source: Internet

Arang aktif sudah banyak digunakan untuk berbagai hal, terutama untuk menyerap kotoran atau racun. Pori-pori yang terbentuk pada arang aktif ini akan mengikat kotoran-kotoran pada permukaan gigi. Nah, Sahabat hanya perlu menyiapkan sikat gigi, air, dan arang aktif. Caranya sama dengan menyikat gigi menyikat gigi seperti biasanya, hanya saja pasta gigi yang digunakan diganti dengan arang aktif. Lakukan hal ini dua kali seminggu untuk membuat gigi Sahabat terlihat lebih putih.

2. Kulit Jeruk

Source: Internet

Kulit jeruk juga bisa memutihkan gigi loh, Sahabat Estetika. Caranya cukup mudah, Sahabat hanya perlu menggosokkan bagian dalam kulit jeruk pada gigi. Lakukan secara teratur setiap hari dan gigi akan menjadi putih secara alami.

3. Mengkonsumsi Buah Stroberi

Source: Internet

Buah Stroberi adalah buah yang kaya dengan Vitamin C dan Asam Malat yang dapat membuat gigi menjadi lebih putih. Asam malat dapat mengkikis dan menghilangkan noda di permukaan gigi, sedangkan Vitamin C pada stroberi dapat menghambat perkembangan bakteri streptococcus yang merupakan penyebab munculnya plak pada gigi. Caranya, Sahabat dapat langsung menggosokkan stroberi pada gigi dan diamkan beberapa menit kemudian kumur dengan air. Dapat juga dengan mengoleskan pasta stroberu pada gigi lalu diamkan selama 2 menit dan bilas dengan air hangat.

4. Kurangi Konsumsi Minuman Berkafein

Source: Internet

Minuman berkafein sudah menjadi teman setia bagi semua kalangan saat ini. Baik kopi maupun teh pasti selalu hadir menemani setiap kegiatan baik dalam kegiatan formal maupun bersantai. Tapi apakah Sahabat tahu bahwa kafein dalam kopi dan teh menjadi salah satu penyebab gigi Sahabat menguning? Karena itu, untuk mendapatkan gigi yang putih cemerlang, ada baiknya Sahabat mengurangi konsumsi minuman berkafein tersebut.

5. Berhenti Merokok

Source: Internet

Sahabat adalah seorang perokok aktif? Jika iya, segera hentikan kebiasaan tersebut karena kandungan nikotin pada rokok dapat menjadikan gigi berwarna kuning. Nikotin pada rokok dapat menyebabkan rongga mulut menjadi asam, kandungan nikotin-nikotin ini akan terikat pada elemen gigi dan tinggal pada dinding-dinding gigi. Tak heran jika mereka yang merokok hampir sulit untuk punya gigi putih bersih. Selain itu, rokok juga sangat tidak baik bagi kesehatan. So, throw your cigarette away!

Nah, itulah tips memutihkan gigi dari Estetika. Tapi ingat, tidak ada sesuatu yang instan, semuanya butuh waktu. Selamat mencoba!

Penulis: Siti Ermi Nati

Estetika Tim