Estetika, Tips– Apa kabar setelah melalui liburan yang cukup panjang? Libur biasanya membuat kita kehilangan kebisaan-kebiasaan saat kuliah. Bawaannya mager alias malas gerak, mungkin diantara kalian ada yang baru mulai belajar, tiba-tiba perasaan bosan langsung mendera, kantuk datang, atau sudah mencoba berbagai cara namun hal yang dipelajari tak kunjuk melekat di otak.

Berarti Sahabat estetika cocok membaca tulisan ini, sebab rupanya belajar punya ‘seni’ agar lebih efektif.

Yuk teman-teman intip tips berikut ini! 👇

1. Jadikan belajar sebagai kebutuhanmu.

Source: int.

Belajar terkadang dianggap sebagai suatu hal yang membosankan, bahkan sebagai beban. Nah agar kalian merasa mudah dalam belajar, sebaiknya belajar bisa Sahabat jadikan sebagai kebutuhan. Mengapa? karena itu akan membuat kalian menjadi lebih bersungguh-sungguh dalam belajar. Kesungguhan ini akan membuat kalian tidak hanya belajar saat sedang mood saja, melainkan juga belajar di setiap waktu tanpa merasa berat. Dengan demikian, ilmu yang kita pelajari pun akan menjadi lebih mudah meresap ke ingatan kita.

2. Carilah tempat belajar yang menyenangkan

Source: int.

Memilih tempat belajar yang menyenangkan tentu akan membuat kalian merasa nyaman untuk belajar. Memilih tempat yang nyaman, berarti kalian turut membantu menata mood menjadi lebih baik sehingga belajar pun menjadi lebih menyenangkan dan efektif.

3. Belajar sedikit demi sedikit

Source: int.

Jangan belajar terlalu banyak pelajaran dalam satu waktu. Sebaiknya, kalian mencicil pelajaran sedikit demi sedikit. Maka dari itu, ada baiknya jika Sahabat belajar setiap hari, misalnya dengan mengulang kembali pelajaran yang kita terima di hari tersebut. Cara ini tentu lebih efektif dibandingkan kita mempelajari semua pelajaran dalam waktu yang singkat, biasanya saat menjelang ujian. Belajar dengan ‘sistem kebut semalam’ hanya akan menimbulkan tekanan secara psikologis sehingga ilmu pun akan sulit kita serap dengan baik.

4. Atur waktu yang efektif untuk belajar

Source: int.

Ada baiknya kalian membuat jadwal belajar dan target untuk menentukan kapan Sahabat harus bisa menguasai pelajaran tersebut, dengan membuat jadwal dan membagi waktu belajar, kegiatan belajar kalian akan menjadi lebih terstruktur dan rapi serta sesuai dengan ekspektasi kalian di awal.

5. Berdiskusi

Source: int.

Setiap orang memang memiliki style belajar sendiri. Ada orang yang menyukai belajar sendiri di tempat sepi, namun ada juga orang yang lebih menyukai belajar berkelompok dan beramai-ramai. Jika kalian masih belum mengetahui style belajar Sahabat, tidak ada salahnya untuk mencoba berdiskusi dengan teman seperti bertukar pikiran dalam materi pelajaran.

6. Lakukan apa yang menurut kalian nyaman ketika belajar.

Source: int.

Berkaitan dengan poin sebelumnya, gaya belajar setiap orang berbeda-beda. Jika kalian merupakan penikmat musik dan merasa lebih mudah untuk fokus dengan diiringi musik, jangan ragu untuk belajar sambil mendengarkan musik. Hal ini biasanya efektif jika Sahabat sedang berlatih mengerjakan soal-soal pelajaran, bukan pada saat menghafalkan pelajaran.

Nah! itulah tadi beberapa tips dari Estetika, Semoga apa yang kami sajikan dapat bermanfaat untuk Sahabat.

Penulis: Asmaul Husna

Estetika Tim