Tips, Estetika – Apakah Sahabat pernah mendengar istilah polyglot? Polyglot berasal dari bahasa Yunani polýglōttos, poly berarti banyak dan glotta berarti lidah atau bahasa. Menurut linguis Richard Hudson, bilingual adalah sebutan bagi orang yang menguasai dua bahasa, trilingual untuk yang menguasai tiga bahasa, polyglot untuk yang menguasai empat bahasa dan hyperpolyglot untuk orang yang menguasai lebih dari enam bahasa.

Pembelajaran bahasa asing sejak dini akan mengembangkan kemampuan mendengarkan, observasi, pemecahan masalah dan berpikir kritis, oleh sebab itu seseorang yang menguasai banyak bahasa juga dinilai lebih cerdas, kreatif dan memiliki karir yang gemilang tentunya dengan mulai mempelajari bahasa asing sedikit demi sedikit. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa membantu Sahabat dalam mempalajari bahasa yang inginkan.

1. Duolingo

Source: Google

Aplikasi Duolingo dapat dikatakan sebagai aplikasi pembelajaran bahasa yang paling terkenal. Pada Oktober 2018, aplikasi ini menyediakan 81 kursus bahasa yang berbeda yang tersedia dalam 37 bahasa. Duolingo membantu kalian belajar bahasa dengan cara menerjemahkan kalimat. Setiap kata juga dilengkapi dengan arti sehingga kalian bisa menemukan arti dari kata yang kalian lupa atau tidak ketahui. Duolingo juga dilengkapi dengan ilustrasi berwarna yang dapat memudahkan Sahabat untuk mengingat suatu kata dan audio yang bisa membantu kalian dalam melafalkan kata.

2. Memrise

Source: Google

Jika aplikasi Duolingo fokus pada kalimat, Memrise fokus pada terjemahan kata dan frasa. Selain itu, pilihan bahasa pada Memrise lebih banyak daripada Duolingo. Aplikasi Memrise bahkan memiliki beberapa pilihan bahasa klasik seperti Latin, Yunani kuno, Natif Amerika, dan Cina tradisional. Kalian juga dapat mempelajari pengucapan dari bahasa yang kalian pelajari dari video yang disediakan dan pengucapan bahasa yang ingin Sahabat pelajari berasal langsung dari para native speaker dari bahasa para native speaker dari bahasa itu.

3. LingoDeer

Source: Google

LingoDeer adalah aplikasi untuk mempelajari bahasa Jepang, Korea, Spanyol, Mandarin, Jerman, Portugal, dan Vietnam. Aplikasi ini dapat memberikan pertanyaan, dan juga memberikan penjelasan mengenai tips dan grammar yang sangat membantu memahami bahasa yang sedang Sahabat pelajari. LingoDeer juga memiliki fitur Story yang dilengkapi audio dari native speaker, gambar pada beberapa cerita, serta pertanyaan berdasarkan cerita tersebut. Namun perlu diingat bahwa aplikasi ini hanya menyediakan pengaturan pembelajaran dalam bahasa Inggris.

4. Drops

Source: Google

Drops adalah rekomendasi aplikasi yang bisa membantu Sahabat dalam mempelajari 31 bahasa. Drops menerapkan sistem limit waktu dan Sahabat akan diberikan waktu lima menit setiap harinya untuk menjawab soal yang diberikan. Drops fokus pada penguasaan kata sehingga Sahabat tidak akan menemukan pembelajaran dalam bentuk kalimat apalagi grammar. Selain itu aplikasi ini juga 100 persen audio-visual sehingga kalian dapat lebih mudah mengingat kata yang kalian pelajari setiap harinya.

Nah, Sahabat itulah tadi empat rekomendasi aplikasi dalam mempelajari bahasa asing. Sebuah pepatah mengatakan ‘menguasai bahasa asing, bagaikan kita telah menggenggam dunia’ maka dari itu marilah mempelajari berbagai bahasa asing. Semoga artikel ini dapat membantu Sahabat dalam mempelajari bahasa dan kelak dapat menjadi seorang polyglot.

Penulis: Tiara Aini Basri

Estetika Tim