Cika’..Bagemanami  Kabarnya skripsi mu? Sampai di tahap apami? Jangki lupa kalau wisuda traktir na, Cika’!

Estetika Bagi Kamu yang berstatus sebagai mahasiswa tingkat akhir, pasti sangat akrab dengan sapaan seperti kalimat di atas, iya kan? Saat ditanya mengenai “makhluk buas” yang satu ini, sepertinya kita ingin meledak, meluapkan amarah. Sabaar…

Tapi mau bagaimana lagi? Ini adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi jika ingin melepaskan status sebagai mahasiswa. Perjuangan selama kurang lebih 4 tahun, dengan mie instan yang menjadi saksi “berkuah” perjuangan kita ini, memang harus diselesaikan.

Nah, agar dapat mengerjakan skripsi, tentu kamu memerlukan tempat yang bisa mengubah mood agar lebih semangat. Berikut Estetika berikan 4 tempat yang bisa kamu gunakan untuk mengerjakan skripsi.

1. Cobalah kerjakan skripsi kamu di perpustakaan

Bukan hanya saat Kamu kelimpungan cari referensi, baru kamu ke perpustakaan.  Mengerjakan skripsi di perpustakaan, bisa membantu kalian lebih berkonsentrasi. Situasinya yang tenang serta deretan buku yang tersusun rapi, bisa jadi akan membuat semangatmu nulis akan meningkat. Selain itu, juga mudah kalau butuh bahan bacaan, Kamu bisa langsung cari saat itu juga.

2. Kafe mungkin bisa memberikan kamu suasana berbeda

Tentu Kamu merasa jenuh dengan situasi kampus, apalagi harus mengerjakan skripsi di tempat ini. Disaat seperti ini, cobalah kamu berkunjung ke sebuah kafe dengan desain ruangan yang kalian sukai. Bisa jadi, ditambah dengan secangkir kopi atau coklat panas, bisa membuat fikiran kamu lebih lancar dalam mengerjakan skripsi.

3. Bagi kamu yang suka sendiri, kamar pribadi adalah pilihat tepat

Memang sebagian orang justru lebih mudah mengerjakan segala sesuatu saat ia sendiri. Dan jika kamu tipe orang seperti ini, mengerjakan skripsi di kamar pribadi tentu menjadi pilihan tepat. kamu bisa membuat suasana kamar pribadi sesuai selera, mungkin dengan warna cat, pencahayaan, atau mungkin barang-barang favorit kamu diatur tata letaknya. Dengan suasana yang tenang, sembari menyeruput teh, mungkin akan membuat kamu lebih konsen dan merasa nyaman dalam mengerjakan skripsi di “istana” pribadi.

4. Kerjakan skripsi di taman, pasti lebih fresh

Untuk menghilangkan rasa tegang, mungkin sebaiknya kamu keluar ruangan untuk mengerjakan skripsi. Maksudnya, cobalah kembali ke alam, biarkan aroma dan suara alam menemani kamu dalam berpikir. Bisa jadi dengan cara seperti ini, akan membuat kamu lebihfresh dan banyak inspirasi yang berdatangan.

Sekian tips dari Estetika. Semoga membantu, dan sukses dengan skripsi kalian!

PENULIS | M.NURKHALIS
Estetika Tim