Makassar, Estetika– Halo, Sahabat Estetika! Gimana nih udah pada libur belum? Atau masih sibuk menyiapkan UAS? Mau sudah libur ataupun belum, pasti Sahabat sudah memikirkan rencana untuk liburan. Apalagi berlibur bersama keluarga dan orang tercinta menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu.

Tapi, Sahabat pasti bingung untuk menentukan tujuan liburan kali ini, apalagi di musim libur seperti sekarang ini. Mau traveling, tapi budget gak memadai? Mau ke tempat wisata seperti biasanya, tapi takut sumpek karena banyak orang?

Eits, tenang aja! Liburan yang asik gak selamanya harus mahal dan jauh kok! Estetika punya 6 destinasi wisata keren dan terjangkau di Sulawesi Selatan untuk menjadi tujuan liburan Sahabat kali ini!

1. Beach Camp di Pulau Samalona yang Eksotis.

​Kalau Sahabat kenal kota Makassar, maka Sahabat harus kenal Pulau Samalona. Pulau Samalona yang kerennya disebut Samalona Island ini merupakan salah satu pulau yang berada di bagian Indonesia Timur, tepatnya di kawasan administrasi pemerintahan Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Adapun cara untuk menuju Samalona Island, Sahabat perlu menempuh waktu sekitar 30-35 menit menggunakan perahu dari dermaga yang tidak jauh dari Fort Rotterdam. Kisaran harga perahu tersebut berbeda-beda, Rp. 500.000 jika ingin menyewanya secara pribadi dan Rp. 50.000-Rp.100.000 untuk perorang secara umum. Tapi pastinya harga akan lebih murah jika Sahabat pandai dalam menawar harga yang telah dikisarkan.

Dalam perjalanan ke sana, Sahabat dapat menikmati indahnya pemandangan dan sambutan air yang begitu jernih sehingga memperlihatkan alam bawah laut. Selain dapat menyewa penginapan, Sahabat juga dapat melakukan Camp di pinggir pantai.

2. Bendungan Parigi dan Miniatur Grand Canyon, Untuk Pecinta Wisata Ekstrim.

Siapa bilang menikmati Grand Canyon perlu jauh-jauh ke Arizona? Sahabat bisa menikmati indahnya Grand Canyon ala Sulawesi di Bendungan Parigi dan Miniatur Grand Canyon, Kabupaten Gowa. Tentunya tempat wisata ini sangat cocok untuk Sahabat yang menggemari wisata ekstrim yang menguji adrenalin.

Untuk mencapai tempat ini, Sahabat dapat menempuh waktu selama 45 menit dari Kota Makassar ke Grand Canyon dan melanjutkan ke Bendungan Parigi yang berada sekitar 9 kilometer dari Malino dengan waktu 2 jam. Harganya pun sangat terjangkau, Sahabat hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp. 5.000 per orang untuk biaya parkir sekaligus tiket masuk di Bendungan Parigi, sedangkan Rp. 4.000 tiket masuk dan biaya parkir motor di Miniatur Grand Canyon. Jika Sahabat menggunakan kendaraan roda empat, cukup sediakan Rp. 5.000 saja untuk biaya parkir.

3. Berjalan di Ketinggian di Helena Sky Bridge Bantimurung Maros.

Apa Sahabat sudah mengunjungi Helena Sky Bridge di Bantimurung ini? Helena Sky Bridge merupakan destinasi wisata yang tergolong baru di Kabupaten Maros. Di sini Sahabat akan disuguhkan dengan panorama alam di atas jembatan tertinggi di kerajaan kupu-kupu ini.

Dengan merogoh kocek Rp. 25.000, Sahabat sudah dapat menyebrangi Helena Sky Bridge. Selain jembatan tertinggi tersebut, Sahabat juga dapat menikmati wahana lainnya di sekitaran lokasi wisata tersebut yang tentunya gak kalah Instagramable.

4. Mendaki di Gunung Bulusaruang.

Saat ini, mendaki gunung sudah menjadi suatu trend di kalangan anak muda. Nah, Sahabat bisa banget nih mencoba untuk menjajali track di Gunung Bulusaraung. Gunung dengan ketinggian 1.353 mdpl ini terletak di Desa Tompobulu, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep.

Gunung Bulusaraung merupakan gunung ke-2 terfavorit di Sulawesi Selatan setelah Gunung Bawakaraeng. Jadi, buat Sahabat yang hobi bercengkrama dengan alam, tentu destinasi wisata ini merupakan tempat yang tak boleh dilewatkan. Cukup menyediakan peralatan mendaki, dan menyiapkan mental tanpa mengeluarkan dana yang berlebih.

5. Wisata Dante Pine Dengan Berjuta Wahana.

Dante Pine merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi trend tahun ini di Kabupaten Enrekang. Selain menyuguhkan pemandangan alam pegunungan yang eksotis, Dante Pine juga memiliki banyak wahana permainan di dalamnya.

Jarak untuk sampai kesanapun tidak memakan waktu yang begitu lama dab harganya pun dapat dibilang sangat murah untuk menikmati pemandangan seindah itu, Sahabat hanya perlu membayar parkir dan wahana tanpa perlu membayar tiket masuk. Salah satu wahana terfavorit di sana adalah wahana Ayunan Tinggi dan Sepeda Langit.

6. Agrowisata Pango Pango Mangkendek, Tana Toraja.

Agrowisata Pango-Pango ini terletak di dataran tertinggi Tana Toraja. Jika Sahabat memilih destinasi wisata ini, maka Sahabat akan melewati beberapa tempat wisata yang ada di Toraja lainnya. Agrowisata Pango Pango ini menyediakan wisata perkebunan buah-buahan dan kopi toraja. Selain itu juga terdapat taman bunga yang tentunya Instagramable banget.

Lokasinya memang cukup jauh dan menguras tenaga, namun semua akan terbayarkan dengan kesejukan saat telah sampai di puncaknya. Untuk menikmati semua suguhan wisata ini, Sahabat hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 per orang. Selain itu, Sahabat dapat menyewa tenda untuk Camping dengan kisaran harga Rp. 100.000 per hari atau cukup dengan menyewa penginapan saja tanpa perlu ribet.

Itulah beberapa destinasi wisata terjangkau dan tidak kalah keren di Sulawesi Selatan. Semoga bisa jadi referensi Sahabat untuk menghabiskan libur kali ini. Happy Holiday!

Penulis: Nur Safitri S.

Estetika Tim