Halo sahabat Estetika! Pernah dengar pepatah yang mengatakan bahwa belajar itu kapan saja dan dimana saja kan? Sebagai mahasiswa, kita tidak pernah terlepas dari yang namanya belajar, baik itu di sekolah, di rumah, maupun di tempat umum. Namun, belajar adalah hal yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Tugas yang menumpuk dan ujian yang datangnya bertubi-tubi harus kamu hadapi dengan belajar yang giat. Agar mendapat nilai yang tinggi, kamu tentunya harus belajar, bukan ?

Kali ini Estetika akan memberikan 5 tips agar efektif dan efisien dalam belajar. Silahkan disimak ya!

1. Jika kamu ingin belajar sendiri, tentukan waktu yang tepat!

source: google.co.id

Memilih waktu yang baik untuk belajar adalah hal yang penting. Nah, ada 2 waktu terbaik yang bisa kamu gunakan untuk belajar, pertama yaitu jam 3-5 pagi, mengapa demikian? Otak yang masih fresh setelah beristirahat menjadikan waktu ini yang paling tepat buat belajar. Waktu yang tepat kedua yaitu jam 7-9 malam, waktu ini biasanya merupakan waktu yang paling luang setelah kuliah seharian. Sebelum beristirahat, ada baiknya mengerjakan tugas di waktu ini biar tidur mu tidak di bayang-bayangi mimpi buruk oleh tugas yang menumpuk.

2. Luangkan 5-10 menit untuk istirahat pada saat belajar

source: google.co.id

Tugas yang menumpuk atau ujian yang akan datang mengharuskan kamu buat belajar dengan sungguh-sungguh. Umumnya, orang yang belajar hingga 2-4 jam tanpa istirahat akan kurang membuahkan hasil karena otak yang sudah lelah dan tenaga yang sudah terkuras. Nah, disiplin dalam mengatur waktu belajar itu perlu. Belajar hingga 2-4 jam itu tidak apa-apa, namun berikan otak dan tubuh waktu untuk beristirahat kurang lebih 5-10 menit setiap jam agar otak bisa mencerna dengan baik.

3. Tentukan materi yang akan dipelajari sebelum belajar

source: dreamstime

Agar tidak menghabiskan banyak waktu, hal yang perlu kamu lakukan yakni menentukan materi apa yang akan kamu kerjakan atau pelajari. Buat catatan khusus dan berikan poin-poin mulai dari materi terpenting hingga yang kurang penting untuk dipelajari agar semua terstruktur dengan rapi dan tidak membuang waktu kamu.

4. Jauhkan SKS (Sistem Kebut Semalam) dalam kamus kamu!

source: google.co.id

SKS merupakan sistem yang paling diminati. Namun, kadang kala sistem ini merupakan sistem yang paling tidak efektif bagi sebagian orang. Sistem yang terburu-buru dan mengharuskan kamu untuk menguasai segudang materi. Agar belajar kamu efektif, ada baiknya untuk menyicil materi atau tugas yang akan kamu pelajari dijauh hari sedikit demi sedikit sebelum Hari H. Cara ini akan memberikan kamu waktu untuk mengulang dan menguasai materi dengan baik.

5. Jangan malu bertanya dan temukan media pembelajaran yang pas!

source: promonesia

Pasti ada saja bagian atau materi yang membuat kita bingung dan ujung-ujungnya membuat kita stuck ! Nah, jangan malu bertanya pada teman yang sudah mengerti tentang materi tersebut agar kamu tidak membuang waktu hanya karena terus berputar-putar pada materi itu saja. Namun, bila kamu masih belum menyerah dengan materi yang bikin pusing, temukan media yang bisa menunjang pembelajaran kamu. Buku, video, musik, gambar, dan media-media lainnya bisa kamu manfaatkan agar belajar kamu makin asik dan menyenangkan.

Usaha kamu hari ini kelak akan berguna kelak, jangan pernah putus asa untuk belajar ya! Semoga tips ini bisa meringankan beban untuk kamu yang merasa masih kurang efektif dalam belajar. Selamat mencoba 🙂

Penulis: Nurlailah Qadrianty

Estetika Tim