Tips, Estetika – Kuliah dan organisasi memang kerap menjadi hal yang tak terpisahkan bagi mahasiswa karena pengetahuan yang didapat pada perkuliahan sangat terbatas, sehingga ada baiknya mahasiswa memanfaatkan waktunya untuk mengasah kemampuannya melalui kegiatan organisasi yang ada di kampus. Namun pastinya, masing-masing mahasiswa memiliki hak untuk mengikuti organisasi atau tidak.

Berorganisasi akan memudahkan Sahabat untuk menjalin keakraban antarmahasiswa lainnya, mudah berbaur pada masyarakat. Selain itu, melalu kegiatan organisasi Sahabat dapat dijadikan sebagai tempat mengembangkan diri serta menjadi nilai tambah bagi bekal untuk menjadi pemimpin, bekerja sama dengan orang lain, belajar tentang manajemen dan sebagainya. Namun ada kalanya, mahasiswa yang aktif berorganisasi di luar waktu perkuliahahan pastinya menyita banyak waktu dan kerap menunda tugas kuliah yang seharusnya lebih penting dari organisasi.

Bagi Sahabat yang bingung menyeimbangkan waktu kuliah dan organisasi, yuk simak lima tips berikut ini.

  1. Tentukan tujuan utama
Foto : A. Dian Isalamiati/Estetikapers

Saat Sahabat ingin mulai berorganisasi, hal pertama yang sahabat lakukan adalah menentukan tujuan kamu. Tentukanlah mana yang lebih penting, apakah kuliah atau organisasi? Tentunya Sahabat harus memilih kuliah dan jadikan organisasi sebagai penunjang agar sahabat bisa memperoleh nilai lebih dari teman sahabat yang tidak berorganisasi. Bukan sebaliknya karena aktif organisasi, kuliah jadi berantakan.

2. Manajemen waktu yang baik

Source : Int.

Menjadi seorang mahasiswa mengatur waktu antara belajar, organisasi dan melakukan aktifitas sosial adalah wajib dilakukan. Pada saat Sahabat mengikuti organisasi baik di dalam maupun luar kampus, sahabat akan dihadapkan dengan dua pilihan mengerjakan tugas kuliah atau pergi mengikuti rapat organisasi. Sahabat dapat memilih keduanya jika sahabat pandai memanfaatkan waktu luang untuk mengerjakan tugas kuliah sehingga pada saat mengikuti rapat organisasi tidak ada lagi rasa cemas akan tugas yang belum selesai.

3. Jangan menunda pekerjaaan

Foto: A. Dian Isalamialti/Estetikapers

Kebiasaan yang menyenangkan bagi mahasiswa adalah seringnya menunda pekerjaan yang seharusnya Sahabat lakukan saat ini. Apalagi jika sudah mendekati deadline. Jangan pernah salahkan siapapun jika tugas sahabat kerjakan menjadi terbengkalai. Kebiasaan mahasiswa yang suka mengerjakan tugas pada saat menjelang deadline. Ini merupakan kebiasaan buruk bagi diri sendiri, bahkan efeknya mungkin tidak akan terasa pada saat ini, melainkan pada masa depan.

4. Sesuaikan jumlah SKS yang kamu ambil dengan organisasi

Source. int

Terkadang beberapa mahasiswa yang aktif di luar perkuliahan itu mengikuti organisasi lebih dari satu. Tentu hal tersebut menjadi lumrah namun tetap saja perlu memperhatikan untuk menyesuaikan jumlah Satuan Kredit Siswa (SKS) yang diambil dengan organisasi yang Sahabat ikuti. Jangan sampai terjadi hal seperti sahabat mengambil 24 SKS, sedangkan mengikuti 5 organisasi berbeda, ini efeknya bisa fatal jika Sahabat tak bisa menyeimbangkannya. Bisa jadi kuliah Sahabat akan terbengkalai karena terlalu banyak mengikuti kegiatan organisasi dan melalikan tugas kuliah yang sebenarnya lebih utama. Sebaiknya Sahabat mengikuti organisasi disesuaikan dengan jadwal kuliah dan aktifitas yang dimiliki.

5. Istirahatlah pada waktunya

Source. Int

Saat Sahabat lelah akan tugas baik diperkuliahan maupun organisasi, beristirahatlah tapi jangan lari dari tanggung jawab yang dimiliki. Sahabat bisa meluangkan waktu seperti jalan-jalan, pergi bersama teman, dan lain-lain. Pastikan sahabat mengambil istirahat yang cukup. Jika istirahat anda cukup, Sahabat akan lebih bertenaga dalam menghadapi tugas kuliah maupun organisasi. Istirahat yang cukup juga dapat membuat Sahabat terlihat sehat dan tidak mengantuk saat mengikuti perkuliahan di kelas sehingga pelajaraan mudah terima dan dipahami saat proses perkuliahan terlaksana.

Itulah lima tips agar waktu kuliah Sahabat tidak terganggu dengan organisasi. Sahabat bisa mengatur waktu dengan baik jangan sampai organisasi mengganggu kuliah, semoga tips diatas bermanfaat bagi sahabat yang sering pusing membagi waktu kuliah dan organisasinya.

Penulis : A. Dian Isalamiati

Estetika Tim