Tips, Estetika – Siapa sih yang tidak suka dengan liburan? Pastinya semua orang tidak sabar menunggu datangnya waktu libur. Ada banyak hal yang dapat dilakukan di saat liburan tiba. Namun, tidak semuanya bisa bermanfaat apalagi berpahala. Tidak sedikit orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk memenuhi kebutuhan liburannya, mulai dari jalan-jalan ataupun sekadar mengisi paket data untuk gameonline. Oleh karena itu, kali ini Estetika akan memberikan lima tips mengisi liburan yang bermanfaat dan juga berpahala, loh. Yuk simak berikut ini!

1. Pulang Kampung

Sumber: Google.com

Hal ini sudah menjadi rutinitas umum setiap liburan tiba. Nah, buat Sahabat yang lagi merantau di tanah orang, wajib banget untuk pulang kampung ketika liburan tiba. Selain melepas rindu terhadap orang rumah, kegiatan yang satu ini juga bisa bernilai pahala, loh. Sahabat bisa berkunjung dan bersilaturahmi ke rumah kerabat ataupun teman lama. Selain itu, di saat long weekend seperti saat ini, Sahabat juga bisa lebih memfokuskan diri untuk berbakti kepada orang tua dengan cara membantu pekerjaan rumah.

2. Mencari Penghasilan Tambahan

Sumber: Google.com

Di saat yang lain menggunakan waktu liburan untuk bersenang-senang, ternyata ada beberapa di antaranya yang lebih memilih mencari lowongan kerja untuk mencari penghasilan tambahan. Pilihan kedua ini sangat cocok untuk Sahabat yang masih berstatus mahasiswa dan tidak ingin merepotkan keluarga. Ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan pada saat liburan walaupun terlihat sederhana. Di antaranya, bekerja menjadi pelayan rumah makan, ojek online, dan masih banyak lagi. Selain dapat menghasilkan uang, hal ini juga dapat menumbuhkan sikap kemandirian Sahabat, loh.

3. Berkegiatan Sosial

Sumber: Google.com

Nah, pastinya mahasiswa identik dengan organisasi, bukan? Jika hanya bersantai ria selama liburan, hal tersebut bisa membosankan terlebih lagi jika tidak ada satupun kegiatan yang dapat dilakukan. Oleh karena itu, yang satu ini mungkin bisa menjadi pilihan bagi Sahabat yang ingin mengisi liburan dengan hal yang bermanfaat plus berpahala. Menjadi orang sukses akan lebih berarti saat sahabat bisa berbagi. Sahabat bisa mengajak teman atau masyarakat sekitar untuk mengadakan beberapa kegiatan yang nantinya bisa bermanfaat untuk semua. Mudah, bukan?

4. Mengikuti Kajian Ilmu

Sumber: Google.com

Kejarlah ilmu sampai ke negeri China. Pepatah tersebut sudah sangat sering terlintas di telinga Sahabat bahkan telah termaktub dalam ingatan. Nah, buat Sahabat yang ingin mengisi liburannya dengan hal yang lebih bermanfaat dunia dan akhirat, pilihan keempat ini bisa menjadi pilihan terbaik Sahabat. Mengingat di kampus sangat minim ilmu agama yang diajarkan, bukan berarti Sahabat berhenti untuk belajar ilmu agama, bukan?

5. Menambah Hafalan Al-Quran

Sumber: Google.com

Hal bermanfaat dan berpahala berikutnya adalah menambah hafalan Al-Quran. Setelah melewati lelahnya masa-masa perkuliahan, Sahabat yang ingin dan sedang menghafal Al-Quran bisa lebih memfokuskan diri untuk menambah hafalan atau sekadar mengulang-ulang hafalan di saat liburan. Terkhusus Sahabat yang telah memiliki hafalan, pastinya Sahabat tidak memiliki waktu yang banyak untuk menambah hafalan pada saat aktif berkuliah, bukan?

Nah, itu dia lima tips anti mainstream yang bisa Sahabat lakukan selama liburan. Semoga bermanfaat dan pastinya berpahala.

Penulis: Naufal Fajrin JN

Tim Estetika