Fri. Oct 23rd, 2020

BINGUNG MENCARI JURNAL ILMIAH? 4 SITUS INI DAPAT MEMBANTU KAMU

Halo Sahabat Estetika. Untuk kalian yang sedang melaksanakan Penelitian, Analisis data dan mencari referensi Jurnal Ilmiah baik itu Nasional ataupun Internasional, namun masih bingung dan kesulitan mengakses situsnya atau menguras waktu yang lama? 4 situs ini bisa membantu dan dapat kalian coba.

1. Perpusnas RI

http://www.pnri.go.id/

Situs yang wajib sahabat kunjungi sekaligus menjadi keanggotaannya. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) kini menyediakan 5 fitur layanan yang memudahkan sahabat terhubung dengan dunia pendidikan. Diantaranya ISBN, OPAC, IOS, K-OL, IPUS. Sahabat bisa mendapatkan referensi atau data seperti Jurnal Elektronik, buku elektronik, prosiding, disertasi atau tesis, koran, laporan, musik serta film melalui e-resource yang telah disediakan pada beranda Perpusnas RI. Dan, jangan lupa untuk bergabung menjadi keanggotaan Perpusnas RI melalui fitur layanan K-OL. Silahkan kunjungi lamannya disini.

2. Google Scholar

https://scholar.google.co.id/

Google Scholar atau Google Cendekia adalah situs resmi kedua untuk kamu coba mencari Jurnal Ilmiah yang berkualitas dan sudah terindeks. Situs ini menyediakan Jurnal Nasional dan Internasional baik itu berbayar maupun tidak. Keunggulan dari Google Scholar yaitu pengimput data atau penulis se-dunia yang karyanya sudah terindeks ke dalam Google Scholar serta file yang sahabat inginkan telah tersimpan dan dikutip. Sahabat dapat mengunjungi lamannya dengan mengetik google scholar pada beranda Search Engine Google.

3. iCampus Indonesia

http://icampusindonesia.com/

iCampus Indonesia merupakan Media Online Pendidikan yang menyediakan seluruh kebutuhan Penelitian, Pengumpulan data, Referensi serta Informasi mengenai event untuk sahabat dengan mudah yang masih berstatus Mahasiswa untuk mempromosikan, menjalin kerjasama dan mengadakan penjualan produk. Selain itu, Situs ini juga menyediakan tambahan situs Jurnal Ilmiah yaitu Free Journal. Anda dapat mengunjungi lamannya disini.

4. LIPI

http://lipi.go.id/

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga menyediakan Link daftar Jurnal Ilmiah gratis. Jadi, sahabat tidak perlu bingung mencari Jurnal Ilmiah yang berkualitas dan terpercaya. Caranya mudah, sahabat hanya perlu menuliskan di kolom pencarian dan klik Jurnal apa yang sahabat butuhkan. Silahkan kunjungi lamannya disini.

Nah, 4 situs di atas dapat memudahkan sahabat untuk mendapatkan Jurnal Ilmiah yang terpercaya, berkualitas dan tepat. Sahabat hanya perlu membedakan ciri dari Jurnal Nasional yaitu memiliki Kode ISBN dan ISSN dan Jurnal Internasional yaitu juga memiliki Kode ISBN dan ISSN namun pada link situsnya tertera “dot”. Selamat mencoba.

Penulis: St. Fatimah

Leave a Reply

Skip to toolbar