Sat. Oct 31st, 2020

BAU MULUT SAAT PUASA BIKIN KEKI? COBA TIPS INI!

Malas ngomong saat puasa? Minder ngabuburit sama teman? Atau suka menutup mulut saat berbicara? Bau mulut memang menimbulkan masalah yang buat hari-harimu tidak menyenangkan.

Berpuasa adalah sebuah ibadah sekaligus menjadi kewajiban bagi umat Muslim. Namun bagi beberapa orang, saat berpuasa ini juga berarti saat napas berbau tak sedap. Hal ini bisa terjadi karena mulut dalam keadaan kering sehingga bakteri berkumpul dan memproduksi bau tak sedap tersebut.

Tentu saja, saat sahabat beraktivitas di luar, apalagi kalau pekerjaan menuntut untuk bertemu banyak orang, sahabat tidak akan percaya diri jika bau mulut.

Tenang saja! Estetika punya cara ampuh untuk mengatasi bau mulut saat berpuasa. Berikut 6 cara ampuh untuk mengusir bau mulut yang selalu menghantui saat menjalankan ibadah puasa.

1. Sahur Dengan Buah dan Sayur Segar.

Source: Int.

Pemilihan makanan sangat penting pada saat sahur. Agar mulut tetap terasa segar sepanjang hari, usahakan makan buah-buahan serta sayuran segar tanpa campuran apapun. Buah dan sayur banyak mengandung air dan vitamin hal ini dapat membantu menjaga diri dari dehidrasi saat puasa yang menyebabkan mulut kering dan bau.

2. Minum Air yang Banyak Saat Buka dan Sahur.

Source: Int.

Siapa sangka, air putih yang menyehatkan ternyata juga sanggup untuk meningkatkan produksi air liur di dalam mulut kita? Lancarnya produksi air liur pun bisa membantu mulut agar tetap bersih sepanjang hari. Jadi, ketika sedang sahur dan berbuka sebaiknya sahabat konsumsi air dalam jumlah yang lebih dari biasanya, tapi jangan terlalu berlebihan alih-alih ingin hilangkan bau mulut, sahabat malah kena penyakit lain karena kelebihan cairan dalam tubuh.

3. Jangan Pernah Malas untuk Menjaga Kebersihan Mulut. 

Source: Int.

Puasa bukan berarti kamu tidak boleh sikat gigi! Sikat gigi tetap boleh dilakukan, asal airnya jangan ditelan saja ya!

Selain sikat gigi, lidah juga harus dibersihkan. Siapa sangka, sisa-sisa kotoran yang terdapat di lidah justru bisa membuat mulut beraroma tak sedap dibandingkan sisa kotoran yang menempel di gigi. Jadi sikat gigi saja tidak cukup, lanjutkan dengan membersihkan lidah.

4. Olahraga Secara Rutin

Source: Int.

Saat kita berolahraga, kita juga mengeluarkan zat racun, termasuk di dalamnya adalah zat yang dapat menyebabkan bau mulut. Jadi, meskipun sedang berpuasa, jangan malas olahraga ya! Tapi tetap kondisikan dengan keadaan sahabat, karena terlalu banyak mengeluarkan cairan dalam bentuk keringat akan menyebabkan dehidrasi bila tidak diganti dengan minum air dan sejenisnya. Bayangkan saja kalau sahabat tengah berpuasa dan tubuh minta di isi cairan, kan bisa gawat puasanya.

5. Hindari Tidur Berlebihan. 

Source: Int.km

Tak jarang orang menjalani waktu berpuasa dengan tidur karena katanya tidur di bulan Ramadan adalah puasa. Namun, sadarilah bahwa tidur menyebabkan mulut kita menjadi kering dan kurang air. Saat mulut kering, bau tidak sedap akan lebih mudah muncul. Saat berpuasa kamu bisa mengisi hari-harimu dengan aktivitas yang bermaanfaat misalnya baca Al-Qur’an jangan kebanyakan tidur.

Nah, itu dia 6 tips dari Estetika untuk menghindari bau mulut tak sedap saat berpuasa. Sudah siap memiliki napas segar sepanjang hari? Selamat berpuasa!

Penulis: Syahra Riada

Leave a Reply

Skip to toolbar