Wed. Nov 25th, 2020

LIMA TIPS HILANGKAN KECANDUAN GAWAI

Tips, Estetika – Halo, Sahabat Estetika! Saat ini gawai merupakan barang yang tidak asing lagi bagi setiap orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa turut menggunakan teknologi yang satu ini. Tidak bisa dipungkiri, lho, di setiap aktivitas kita hampir keseluruhan terhubung dengan gawai. Sehingga bisa dikatakan, gawai merupakan benda yang sangat penting untuk saat ini.

Tapi tau enggak, Sahabat? Penggunaan gawai yang terlalu sering sebenarnya dapat merugikan Sahabat juga, lho. Nah, kali ini Reporter Estetika berhasil merangkum beberapa tips agar tidak kecanduan gadget.

  1. Jauhkan Diri dari Gawai
Sumber: google.com

Cara ini memang berat ya, Sahabat. Tapi, mengistirahatkan diri bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan candu terhadap produk teknologi ini, lho. Sahabat cukup memberikan jeda pada penggunaan gawai. Misalnya, Sahabat cukup mengecek gawai jika ada hal yang penting saja. Setelah itu, secepat mungkin letakan kembali gawai Sahabat.

  1. Jangan Jadikan Gawai Sebagai Alarm
Sumber: google.com

Siapa nih di antara Sahabat yang bangun karena bunyi alarm dari gawai? Semakin gawai ada di dekat Sahabat, semakin besar pula kemungkinan Sahabat menggunakan gawai sebelum tidur. Selain itu, setelah bangun dari tidur di pagi hari juga pasti mata Sahabat akan teralih kepada gawai.

  1. Hapus Aplikasi yang Membuat Kecanduan
Sumber: google.com

Sebagian aplikasi sejatinya bisa membuat para penggunanya kecanduan dan membuat lalai dari tanggung jawab. Menghapus beberapa aplikasi semisal gim bisa membantu mengurangi candu Sahabat terhadap gawai.

  1. Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan
Sumber: google.com

Tahu enggak sih? Kebosanan Sahabat pasti akan memuncak saat liburan tiba dan gawai adalah cara terbaik mengisi kekosongan Sahabat. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, Sahabat bisa lakukan kegiatan-kegiatan lain yang dapat mengalihkan Sahabat dari gawai seperti bersih-bersih rumah, memasak, bermain futsal, atau menonton bersama keluarga.

  1. Mengetahui Dampak Negatif Penggunaan Gawai
Sumber: google.com

Selain memiliki fungsi yang sangat membantu di kehidupan manusia, gawai juga memiliki beberapa dampak negatif juga, lho. Jika keseringan dalam penggunaan gawai mungkin bisa mengganggu kesehatan Sahabat juga. Selain itu, jika digunakan oleh anak kecil bisa terjadi terganggunya perkembangan anak, hingga mempengaruhi perilaku anak.

Nah, itulah tadi beberapa tips buat Sahabat Estetika. Jangan sampai kecanduan gawai, ya.

Penulis: Windamayanti

Leave a Reply

Skip to toolbar