Makassar, Estetika – Salam hangat sahabat Estetika. Tidak terasa ternyata puasa sudah memasuki hari ke-11. Sebagian besar perkuliahan di kampus FBS UNM sudah selesai dan bagi mahasiswa yang jauh dari kampung halaman otomatis ingin cepat-cepat mudik dong agar dapat berkumpul bareng keluarga tercinta. Setiap tahun di bulan suci Ramadhan, mahasiswa tidak hanya direpotkan dengan persoalan membeli baju lebaran, tapi pasti juga direpotkan dengan jadwal mudik. Apalagi mudik sambil puasa, kebayang ngak tuh, dalam perjalanan jauh tidak makan maupun minum selama berjam-jam, pasti teman-teman banyak yang ngak tahan kan? Nah oleh sebab itu Estetika hari ini memberikan beberapa tips agar puasa lancar pada saat mudik. Dilansir dari orangdalam.com, berikut 4 hal yang dilakukan agar puasa lancar pada saat mudik.

1. Jangan Meninggalkan Sahur

 

Ilustrasi sahur. Foto: INT.

Sahur merupakan bagian yang sangat penting dalam berpuasa. Sahur dalam agama hukumnya sunnah, nah selain sahur bermanfaat untuk menambah kekuatan dalam menjalankan ibadah puasa, dengan sahur kita telah memperoleh amalan ibadah. Dengan melakukan sahur kita akan mudah menahan lapar sampai berbuka puasa. Sehingga pada saat perjalanan mudik, kalian akan tetap kuat menjalankan puasa.

2. Minum Vitamin

Ilustrasi komsumsi vitamin. Foto: INT.

Tips kedua adalah meminum vitamin atau minuman berenergi. Hal ini dapat menambah stamina karena saat mudik biasanya kita cepat merasa lemas. Vitamin berfungsi menambah daya tahan tubuh. Selain itu, dengan mengomsumsi minuman berenergi atau vitamin saat sahur dan berbuka, maka puasa kita akan lancar-lancar saja. Bagi Anda yang ingin mengomsumsi vitamin baiknya mengetahui jenis vitamin yang baik dikomsumsi waktu sahur dan sehabis berbuka. Dikutip dari laman hellosehat.com, vitamin yang larut dalam air baiknya dikomsumsi pada waktu sahur, sedangkan vitamin yang sifatnya larut dalam lemak dikomsumsi sehabis berbuka puasa.

3. Memperhatikan Kondisi Ketika Mulai Lelah

Ilustrasi orang-orang yang menyempatkan istirahat sewaktu musik. Foto: INT.

Perjalanan mudik memang selalu melelahkan, terutama bagi mahasiswa yang mudik dengan menggunakan kendaraan roda dua. Apabila kalian sudah merasa lelah saat berkendara, ada baiknya kalian mencari tempat untuk istirahat sejenak. Tempat peristirahatan seperti mushalla atau Pertamina. Tidak perlu lama, sekitar 10-20 menit dipastikan akan cukup untuk sekadar memulihkan kembali tenaga yang terkuras.

4. Tidur yang Cukup Sebelum Berangkat

Ilustrasi tidur yang cukup. Foto: INT.

Mengatur jadwal tidur dan tidur sesuai jadwal sangat membantu aktivitas mudik saat puasa. Istirahatlah yang cukup agar membantu tubuh Anda tetap fit. Kurangnya porsi istirahat dapat membuat kita cepat merasa lemas sewaktu berpuasa. Jika sudah demikian, bisa-bisa kita harus berbuka di tengah jalan. Nah makanya tidurlah yang cukup agar perjalanan Anda berjalan dengan lancar.

Nahh itulah tadi beberapa tips yang Estetika dapat berikan kepada sahabat Estetika. Semoga pembaca dapat mempraktikkan pada saat mudik ke kampung halaman. Jangan sampai mudik menggangu kelancaran puasa teman-teman.

Selamat Mudik!

 

Penulis: Saskia Sultan

Estetika Tim