Tips, Estetika – Halo sahabat estetika, sebagai mahasiswa baru, Sahabat pasti belum tau banyak mengenai kehidupan kampus dan masih bingung apa yang harus dilakukan ketika menjadi seorang mahasiswa baru. Nah, Sahabat jangan khawatir, berikut Estetika merangkum 7 Tips untuk Mahasiswa Baru di Awal Perkuliahan, check it out!

  1. Belajar Beradaptasi
Source: google.co.id

Dalam dunia perkuliahan, memungkinkan untuk Sahabat menemukan banyak hal baru. Hal baru itu seperti teman baru, tempat baru, lingkungan baru dan sebagainya. Apalagi jika Sahabat adalah anak rantauan, tentunya akan ada lebih banyak lagi yang harus diadaptasikan. Mulai dari mengatur keuangan sendiri, mencari makan sendiri, berpakaian sendiri, dan sebagainya. Beradaptasi memang bukanlah hal yang mudah. Sahabat membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Tetapi jangan khawatir, Sahabat pasti bisa melakukannya. Sahabat bisa memulai beradaptasi secara perlahan-lahan.

2. Memilih Pergaulan yang Baik

Source: google.co.id

Sahabat boleh berteman dengan siapa saja, tetapi penting untuk diingat bahwa ada pepatah yang mengatakan “pergaulan yang buruk dapat merusak kebiasaan yang baik”. Oleh karena itu, pilihlah pergaulan yang baik, jangan sampai Sahabat terjerumus ke hal-hal yang buruk. Kalau pergaulan Sahabat buruk, bisa-bisa masa depan Sahabat dapat rusak yang mengakibatkan cita-cita Sahabat tidak tercapai. So, be careful dalam memilih teman yah.

3. On-time

Source: google.co.id

Nah, buat Sahabat yang mahasiswa baru penting nih untuk datang ke kampus tepat waktu karena dapat mempengaruhi first impression dosen terhadap Sahabat. Kalau Sahabat selalu datang tepat waktu, tentunya dosen akan lebih respect terhadap Sahabat. Jadi, Sahabat perlu mengecek jadwal kuliah dengan teliti, jangan sampai datang terlambat ya!

4. Menemukan Cara Belajar yang Ideal

Source: google.co.id

Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda untuk dapat belajar dengan baik. Ada yang belajar sambil mendengarkan musik dan ada pula yang harus belajar di tempat yang sepi. Cara belajar yang tepat menentukan hasil belajar Sahabat. Oleh karena itu, Sahabat perlu menemukan cara belajar yang ideal yah agar mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

5. Aktif di Kelas

Source: google.co.id

Berusahalah untuk aktif di kelas. Ajukan pertanyaan ketika Sahabat memang kurang mengerti. Hal tersebut menunjukkan bahwa Sahabat sungguh-sungguh ingin belajar. Sahabat juga bisa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dosen.

6. Mengikuti Kegiatan Kampus

Source: google.co.id

Pada awal masuk kuliah biasanya Sahabat tidak akan terlalu sibuk. Biasanya kampus memiliki berbagai acara dan organisasi. Sahabat memiliki cukup banyak waktu luang yang dapat digunakan untuk Hal yang lebih bermanfaat, seperti mengikuti kegiatan kampus. Melalui kegiatan kampus, Sahabat bisa mendapatkan berbagai pengalaman. Selain itu, Sahabat juga bisa menambah teman baru.

7. Jangan Mudah Menyerah

Source: google.co.id

Dunia perkuliahan tidak semudah yang dibayangkan. Banyak masalah yang harus dihadapi. Berbagai masalah yang tidak terduga bisa datang kapan saja.
Misalnya, tugas dadakan, tugas yang sangat sulit, atau bahkan kondisi keuangan yang kurang baik. Namun, sebagai mahasiswa yang tangguh, Sahabat harus memiliki mental yang kuat untuk menghadapi berbagai masalah tersebut. So, jangan pernah menyerah. Tetaplah berjuang dan mencari jalan keluarnya.

Itulah beberapa tips yang bisa Sahabat terapkan ketika memasuki awal perkuliahan bagi mahasiswa baru. Semoga bermanfaat!

Penulis: Nurrahmi

Tim Estetika