Sun. Nov 22nd, 2020

5 TEMPAT PALING MENARIK MENANTI WAKTU BERBUKA DI MAKASSAR

Makassar, Estetika – Beragam aktivitas dilakukan saat menantikan waktu berbuka puasa. Selain memperbanyak ibadah dan kegiatan positif lainnya, ngabuburit dalam menantikan waktu berbuka juga bisa menjadi pilihan Sabahat. Sebuah kegiatan yang sengaja menghabiskan atau mengisi waktu luang dengan aktivitas-aktivitas menyenangkan, agar dapat sejenak melupakan rasa lapar dan dehaga sembari menunggu adzan berkumandang.

Nah, daripada Anda tinggal berdiam diri menunggu waktu berbuka yang bisanya membosankan, tidak ada salahnya mengisi waktu dengan ngabuburit mengunjungi tempat-tempat yang menarik di Kota Makassar. Dan untuk kali ini, Estetika akan menyajikan 5 tempat paling menarik di Kota Makassar yang bisa Anda kunjungi sambil menunggu waktu berbuka puasa. Ini dia!

  1. Anjungan Pantai Losari
https://www.feel-indonesia.com

 Kehadirannya sebagai icon Kota Makassar, mejadikan lokasi Anjungan Pantai Losari tidak pernah sepi dari pengunjung. Apalagi saat bulan Ramadhan, saban sore Anjungan Pantai Losari selalu ramai dipadati oleh warga sekitar. Selain untuk sekadar menikmati pamandangan laut yang indah, banyak pula pengunjung yang datang untuk berburu takjil sebagai penganan berbuka.

Jika pada hari biasa hanya pedagang pisang epe’ yang ramai berjualan, khusus di bulan Ramadhan ini, puluhan stand dengan aneka jenis makanan sebagai menu berbuka puasa berjejer di sepanjang area Anjungan Pantai Losari.

Kondisi Anjungan Pantai Losari yang semakin tertib dan steril dari pengamen yang dulunya kerap membuat risih pengunjung, menjadi alasan lokasi ini kian hari kian dipadati pengunjung. Menikmati  desiran ombak dan hembusan anginPantai Losari, serta menyaksikan mentari perlahan kembali ke peraduaannya,  menjadi pemandangan yang membuat waktu berbuka tidak terasa.

Selepas berbuka, Anda bisa beranjak dan langsung  melaksanakan shalat maghrib di Masjid Amirul Mukminin (Masjid Terapung) yang berada tepat di area Anjungan Pantai Losari.

  1.  De Jazz Coffe

Bagi anda yang ingin menuntaskan puasa dengan secangkir kopi, De Jazz coffe yg berlokasi di jalan Tallasalapang bisa menjadi pilihan. Sejak buka beberapa bulan yang lalu kafe ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Konsep kafe yang unik dengan dinding berhias beberapa bingkai lukisan dan mural pada berbagai sisi menjadi daya pikat tersendiri bagi kaula muda yang gemar foto atau selfie.

Selain minuman olahan kopi di kafe ini juga dsediakan minuman non kopi dan berbagai kudapan, seperti nasi goreng, kentang goreng, dan masih banyak lagi menu yang bisa anda nikmati untuk berbuka puasa.

Bercengkrama bersama kawan-kawan sambil mengabadikan momen dengan latar bernuansa klasik menjadikan penantian waktu berbuka Anda lebih menyenangkan.

  1. Benteng Fort Rotterdam

 Benteng Fort Rotterdam yang letaknya tidak jauh dari Anjungan Pantai Losari,  merupakan salah satu tempat yang cukup menarik dan selalu dipadati pengunjung,  terutama saat bulan Ramadhan seperti sekarang ini. Banyak hal yang menjadi alasan utama warga Makassar memilih mengahabiskan waktu di tempat ini.

Suasana yang relatif tenang dan nyaman, ditambah dengan pemandangan bangunan beraksitektur lawas nan eksotis, adalah beberapa alasan mengapa tempat ini tidak pernah membosankan untuk dikujungi. Selain itu, Benteng Fort Rotterdam ini juga sangat cocok bagi Anda  yang ingin menambah wawasan sejarah. Jika Anda punya lebih banyak waktu, tidak ada salahnya Anda mampir di museum yang masih berada dalam kompleks Benteng Fort Rotterdam ini.

  1. Taman Maccini Sombala
https://ksmtour.com

Sejak diresmikan 16 Maret 2014 lalu, Taman Maccini Sombala selalu dipadati oleh pengunjung. Tidak terkecuali pada saat bulan Ramadhan seperti saat ini. Jika pada hari biasa tempat ini banyak dimanfaatkan warga untuk berolahraga, di bulan Ramadhan,  Taman Maccini Sombala lebih banyak dimanfaatkan warga untuk sekadar bersantai di sore hari.

Beberapa gazebo yang tersedia di area Taman Maccini Sombala, tiap sorenya selalu dipadati warga yang saling bercengkrama dan bersenda gurau sembari menikmati suasana alam terbuka di area Taman Maccini Sombala. Green houseyang hadir di tengah taman juga menjadi salah satu pemantik warga menyambangi Taman Maccini Sombala.

Di green house inilah dibudidayakan berbagai jenis hasil perkebunan, seperti jambu, srikaya, mangga, dan lengkeng yang dirawat dan dikelola oleh warga sekitar. Anda yang punya hobi memancing, juga bisa uji peruntungan dangan meramu umpan di kanal yang mengitari Taman Maccini Sombala. Siapa tahu, maksud datang ngabuburit, pulangnya justru bawa ikan buat berbuka.

  1. Kompleks Pasar Segar

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, sebulan penuh Kompleks Pasar Segar yang terletak di Jalan Pengayomanakan dihiasi dengan stand-stand makanan yang berjejer rapi di sepanjang area pasar segar. Tidak heran, hampir setiap sore area ini selalu ramai dibanjiri oleh pengunjung yang menginginkan pilihan penganan berbuka yang lebih  bervariatif.

Sebut saja pisang ijo, es buah, aneka gorengan, hingga sosis atau donat bakar bisa Anda temukan di tempat ini. Setelah berbuka dengan jajanan pilihan,

  1. Pasar Hobi Toddopuli

Jika spot sebelumnya menawarkan nuansa alam atau pun wisata kuliner, yang satu ini agak berbeda. Bukan ragam kuliner yang akan Anda temui, melainkan aneka satwa dari berbagai macam spesies.

Pasar hobi ini sebenarnya lebih kepada peraduan favorit penulis saat menanti waktu berbuka puasa. Hampir setiap sore penulis menghabiskan waktu di tempat ini. Selain menjadi lokasi jual beli aneka macam satwa, Pasar Hobi Toddopuli juga kerap menjadi pilihan komunitas pencinta burung se-Makassar dan sekitarnya untuk berkumpul saat pagi dan sore hari jelang berbuka.

Estetika Tim

Leave a Reply

Skip to toolbar