Tips, Estetika – Tahukah Sahabat bahwa sejak tahun 1950-an telah terhitung sekitar 8,3 milliar sampah yang mengandung bahan plastik dihasilkan oleh seluruh dunia? Dari sampah-sampah tersebut hanya sekitar 9% yang di daur ulang, 12% dibakar, dan 79% sisanya berakhir di tempat pembuangan dan lingkungan. Lautan merupakan penerima dampak terbesar dari polusi tersebut yang mengakibatkan air di lautan saat ini mengandung 51 triliun Mikroplastik (Sumber: Clean Seas) dan terbunuhnya sekitar 1,1 milliar Burung laut dan hewan laut tiap tahunnya (sumber: United Nations). Oleh karena itu, Estetika mengajak Sahabat, khususnya mahasiswa yang sering disebut Agent of Change untuk mengurangi polusi melalui 4 Tips Kurangi Polusi melalui Zero Waste Lifestyle (konsep gaya hidup yang memiliki tujuan meminimalisir sampah).

Membawa Bekal dari Rumah

Source: Tupperware.com

Dengan membawa bekal dengan kotak makanan, Sahabat turut mengurangi pemakaian wadah seperti bungkusan plastik dan styrofoam yang sangat sulit terdegradasi. Selain itu, World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa bahan styrene yang ada dalam styrofoam dan banyak wadah plastik lainnya tergolong dalam zat yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Sedangkan, Untuk botol minum, Sahabat dapat menggunakan re-usable container seperti botol stainless steel, tumbler atau botol plastik Bisphenol-A (BPA) free. Hal tersebut dapat membantu mengurangi sampah plastik, mengurangi pengeluaran belanja minuman, juga membuat hidup lebih fleksibel karena Sahabat tidak perlu lagi membeli minuman di toko.

Tidak Menggunakan Kantung Plastik

Source: Redbubble.com

Sahabat dapat menggunakan tote bags sehingga tidak perlu menggunakan kantong plastik dari mini market/super market tempat Sahabat berbelanja. Para produsen tote bags juga telah memproduksi jualannya dengan desain yang unik sehingga Sahabat dapat berpartisipasi dalam pengurangan sampah sekaligus bergaya.

Mengganti Cemilan

Source: Leafnutrisystem.com

Alih-alih mengonsumsi cemilan pabrikan, Sahabat juga dapat menggantinya dengan buah-buahan atau membuat cemilan sendiri di rumah. Sahabat dapat lebih mengetahui kandungan dan kebersihan dari cemilan tersebut sehingga dapat melakukan hidup sehat dan mengurangi pengurangan sampah kemasan cemilan pabrikan.

Belanja Second Hand

Source: Time.com

Menurut Carbon Trust, emisi karbondioksida terkait dengan pakaian menyumbang 3% dari emisi global. Angka tersebut termasuk produksi, pengiriman, pencucian dan pengeringan. Belanja second hand dapat menghemat pakaian yang masih dalam kondisi baik sehingga tidak perlu dibawa ke pembuangan dan mengurangi permintaan produksi pakaian secara keseluruhan.

Itulah 4 Tips Kurangi Polusi melalui Zero Waste Lifestyle yang dapat Sahabat terapkan dalam kehidupan sehari – hari, semoga bermanfaat.

Penulis: Muh. Gusti Satya Eka Putra

Tim Estetika