Estetika, Tips – Kesulitan dalam mengatur uang bulanan tidak hanya dialami oleh sebagian orang. Banyak masyarakat saat ini atau mahasiswa seperti Sahabat yang dituntut untuk berhemat namun mengalami kesulitan dalam mengatur uang bulanan. Terkadang, Sahabat sering kehabisan uang bulanan sebelum pertengahan bulan. Hal ini terjadi karena Sahabat tidak mengelola uang bulanan tersebut dengan baik. Oleh karena itu, Estetika memberikan tips Cara Mengontrol Uang Bulanan Mahasiswa Agar Tetap Stabil.

1. Atur ‘Budget‘ sesuai Kebutuhan

Sumber: Google.com

Hal ini tentunya sangat umum dalam proses menghemat uang saku, terlebih lagi bagi seorang mahasiswa. Setidaknya sisihkan 10 persen sampai 15 persen uang saki Sahabat untuk ditabung. Perlu Sahabat ingat, hal ini harus Sahabat lakukan paling awal ketika menerima uang saku bulanan, sehingga Sahabat bisa lebih mudah dan terampil dalam mengatur keuanganmu setiap bulannya.

2. Belanja Bulanan sesuaikan dengan Kebutuhan

Sumber: Google.com

Belanja bulanan bagi seorang mahasiswa tentu bukan hal yang umum, karena tak semua mahasiswa melakukan hal ini bukan? oleh sebab itu, bagi Sahabat yang belum melakukan hal ini, mulailah menerapkan ‘belanja bulanan’. Dengan belanja bulanan, Sahabat dapat mengatur kebutuhan yang dibutuhkan setiap bulannya secara terstruktur. Jika perlu, sebelum berbelanja, buatlah daftar kebutuhan yang akan Sahabat beli atau butuhkan.

3. Prioritaskan Barang yang Lebih Dibutuhkan

Sumber: Google.com

Soal prioritas, terkadang Sahabat labil dengan hal-hal apa saja yang akan menjadi prioritas. Misalnya, saat belanja bulanan, lebih baik Sahabat membawa uang pas sesuai dengan kebutuhan yang akan Sahabat beli agar keuangan tetap terkontrol. Jadi, prioritaskanlah hal apa yang Sahabat butuhkan bukan yang kamu inginkan.

4. Jangan Lapar Mata

Sumber: Google.com

Nah… hal ini tentu bukan merupakan hal yang asing lagi, dimana dan kapanpun itu. Mata selalu melihat ke segala sesuatu yang dapat menggoyahkan iman Sahabat dalam mengontrol uang saku bulanan. Apalagi sebagai mahasiswa kebutuhan Sahabat di kampus lumayan banyak, mulai dari iuran kerja kelompok hingga membeli buku. Hal itu merupakan prioritas utama Sahabat sebagai mahasiswa. Jadi Sahabat tidak boleh lapar mata dan tergoda untuk membeli sesuatu yang sebenarnya belum atau tidak terlalu Sahabat butuhkan.

Demikianlah tips cara mengontrol uang saku bulanan mahasiswa agar tetap stabil. Jika sudah diterapkan dan dibiasakan, semoga Sahabat tidak kesulitan lagi dalam mengatur uang bulanan, semoga bermanfaat.

Penulis: Lia Novela

Tim Estetika