Makassar, Estetika– Makassar International Writers Festival 2019 (MIWF) telah dibuka dengan diselenggarakannya Opening Night MIWF di Benteng Roterrdam, Rabu malam (26/6).

Opening Night MIWF yang dihadiri oleh penulis-penulis, penyair, dan masyarakat umum ini dibuka dengan tarian pakkarena, lalu dilanjutkan sambutan dari Lily Yulianti Farid, Direktur MIWF. MIWF 2019 sendiri akan berlangsung selama 4 hari dan bertempat di Benteng Roterrdam dan lima kampus di Makassar, yaitu Unhas, UIN Alauddin, Unismuh, Unibos, dan Uki Paulus. Ada 58 kegiatan seputar dunia tulis menulis yang akan dilakukan selama MIWF berlangsung.

Irmawati Puan Mawar, panitia MIWF, menjelaskan adanya program baru dalam MIWF tahun ini yaitu program pertukaran penyair Indonesia dan Inggris serta kampanye zero waste festival. Pertukaran Penyair Indonesia-Inggris sendiri adalah program exchange 3 penyair kawasan Timur Indonesia yang telah diseleksi dengan penyair Inggris.

“Ada tiga penyair Indonesia yang telah diseleksi akan dikirim ke Inggris bulan September nanti untuk ikut festival, lalu tiga penyair Inggris tadi akan mengikuti acara MIWF selama empat hari”, jelasnya.

Lebih lanjut, Ia juga menambahkan tentang kampanye zero waste festival yang merupakan bentuk kampanye menjaga bumi dengan dimulai dari hal kecil.

“Kampanye zero waste festival itu adalah bentuk kampanye menjaga bumi kita dari sampah. Mulai dari hal kecil. Wujudnya seperti para tim dan volunteer diwajibkan membawa botol minum sendiri, lalu disediakan juga galon-galon dibeberapa titik acara, dan memanfaatkan limbah-limbah sebagai layout acara dan dibuat pupuk kompos”,tambahnya.

Disisi lain, salah seorang pengunjung, Arif Maulana menyatakan kesan-kesannya selama mengikuti Opening MIWF. Ia menjelaskan bahwa rangkaian acara luar biasa dan merasa antusias selama acara berlangsung.

“Luar biasa. Apalagi penulis-penulis yang hebat bisa dihadirkan, seperti Joko Pinurbo. Dan setiap tahun itu ada orang-orang baru, penulis-penulis baru yang didatangkan. Seperti tahun ini Butet Manurung. Saya dari jam dua siang berada disini dan masih antusias. Ini harus dihadiri”, katanya.

REPORTER : TIM ESTETIKA

Estetika Tim