Makassar, Estetika – Ridwan Palili, mahasiwa Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) terpilih sebagai juara favorit Duta Bahasa Sulawesi Selatan (Sulsel) 2019 di Balai Bahasa, jl. Sultan Alauddin, Minggu (5/5).

Ridwan Palili selaku Duta Bahasa Favorit, Minggu (5/5). Foto: Dok. Pribadi Ridwan Palili.

Kegiatan ini bertujuan untuk memilih putra dan putri terbaik Sulsel yang akan diberi tanggung jawab untuk memasyarakatkan kepedulian dan kecintaan pada Bahasa dan Sastra di tingkat regional melalui upaya pengutamaan Bahasa Indonesia yg baik dan benar, pelestarian Bahasa dan Sastra Daerah, penguasaan Bahasa Asing, serta apresiasi Sastra Indonesia dan Daerah.

Ridwan Palili, Duta Bahasa Favorit Sulselbar 2019, mengungkapkan bahwa ia tidak memiliki kendala selain para finalis yang berkualitas.

“Kendalanya, sejauh ini hanyalah dikarenakan rival saya yang memang sangat berkualitas. Saya merasa lancar-lancar saja,” ungkapnya.

Lebih lanjut, mahasiwa angkatan 2016 ini juga mengungkapkan kesannya terhadap kegiatan ini.

“Mungkin dengan adanya event ini, saya lebih bisa beradaptasi dengan orang-orang yang punya pengalaman lebih banyak,” ungkapnya saat diwawancarai melalui WhatsApp.

Di sisi lain, Hikmanisa Bahtiar, yang juga merupakan salah seorang finalis Duta Bahasa Sulselbar 2019, mengungkapkan bahwa kompetisi ini merupakan tolok ukur untuk terus memacu dan mengasah kemampuan.

“Mengikuti kompetisi ini membuat saya tersadar bahwasanya ilmu dan pengalaman saya masih sangatlah minim. Dengan hal tersebut membuat saya tersadar dan semakin terpacu untuk terus belajar dan mengasa kemampuan saya,” ungkap mahasiwa angkatan 2017 tersebut.

Reporter: AM 1 Estetika

Tim Estetika