Sat. Oct 31st, 2020

HARI KETIGA MIWF 2018, JAMIL MASSA LUNCURKAN BUKU KETIGA

Makassar, Estetika – Hari ketiga Makassar Internasional Writers Festival (MIWF) menghadirkan salah satu penulis sekaligus penyair muda, Jamil Massa, di Verandah 1 Ford Rotterdam, Makassar, Jum’at (4/5).

Jamil Massa, Penyiar sekaligus Penulis kelahiran Gorontalo ini merupakan alumni Universitas Hasanuddin (Unhas), Jurusan Ilmu Komunikasi. Kota Makassar sendiri menjadi tempat yang menginspirasi Jamil Massa dalam mengenal sastra. Dalam kesempatan kali ini, ia melaunchingkan buku ketiganya yang berjudul “Pembangkangan di Meja No.8”.

Suasana acara launching buku “Pembangkangan di Meja No.8” pada hari ketiga MIWF 2018 di Veranda 1 Fort Rotterdam, Makassar, Jum’at (4/5). Foto: Iriani Putri Amalia/Estetikapers.

Jamal, mengungkapkan bahwa buku tersebut sebenarnya terdiri dari berbagai macam peristiwa yang berbeda tetapi disatukan melalui logikanya.

“Menurut saya bahasa merupakan suatu arena permainan yang kemudian dikembangkan melalui suatu karya berupa tulisan,” pungkasnya.

Ia juga turut menceritakan pengalaman pertamanya saat membuat suatu karya sastra puisi. Puisi tersebut untuk seorang perempuan yang ia sukai di mana menurutnya itu merupakan karya terburuknya. Setelah itu, ia mulai belajar bagaimana membuat karya sastra yang baik dan benar.

“Baik atau tidaknya cara mereka menulis itu tergantung dari cara berpikir mereka. Karena semakin baik cara seseorang berpikir maka akan menghasilkan karya tulis yang lebih baik,” ujarnya.

Reporter: AM 2 ESTETIKA

Leave a Reply

Skip to toolbar