Thu. Sep 17th, 2020

FAMILY GATHERING DAN BEDAH BUKU KOMUNITAS RBA

Gunungsari, Estetika Komunitas Rumah Berbagi Asa (RBA) gelar Family Gathering Kakak Guru RBA dan Bedah Buku di Aula Gedung Pusat Bahasa Arab, Universitas Negeri Makassar (UNM), Minggu (13/5).

RBA merupakan komunitas yang bergerak di bidang pendidikan serta beranggotakan mahasiswa dari berbagai Universitas yang berada di kota Makassar.

Suasana Family Gathering Kakak Guru RBA dan Bedah Buku di Aula Gedung Pusat Bahasa Arab, Minggu (13/5). Foto: Zulrif’ah Mahmuda/Estetikapers.

Nur Fadly Alamsyah, selaku Ketua Panitia, menuturkan bahwa kegiatan ini adalah salah satu ajang pembelajaran terkait dunia pendidikan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk kita bisa belajar banyak terkait dunia pendidikan dan juga untuk mempererat hubungan silaturahmi kami sesama komunitas (baca: komunitas pendidikan dan sosial),” ungkapnya.

Acara Family Gathering ini secara resmi dibuka oleh Asrianto selaku founder RBA, dilanjutkan dengan pemutaran video singkat perjalanan Kakak Guru RBA serta sesi bedah buku Laskar Pelangi karya Andrea Hirata oleh Ibe S. Palogai.

Laskar Pelangi merupakan novel yang bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah di sebuah pulau terpencil di Belitung dengan penuh keterbatasan.

Selain Komunitas RBA, juga turut hadir beberapa komunitas relawan seperti Sokola Kaki Langit, Bangku Pelosok, Sikola Inspirasi Alam dan komunitas lain yang juga bergerak dibidang pendidikan dan sosial.

Menurut Ibe S. Palogai, kelebihan buku Laskar Pelangi yaitu memiliki pesan moral yang lebih mengena kepada pendidikan karakter dan juga dapat mengubah perspektif para pembacanya.

“Kelebihan yang dimiliki novel Laskar Pelangi yang tidak dimiliki oleh novel lain adalah pendidikan karakternya yang dapat membuat kita percaya bahwa tiap orang punya kelebihan masing-masing,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan bahwa akar dari ilmu pengetahuan adalah rasa ingin tahu.

“Inti dari ilmu pengetahuan itu adalah bertanya, dan makna dari ilmu pengetahuan adalah sikapilah, serta dasar dari inti ilmu pengetahuan adalah kepekaan,” tambahnya.

Reporter: AM 6 ESTETIKA

Leave a Reply

Skip to toolbar