Rilis, Estetika – Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengadakan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kepada guru di Sekolah Dasar Inpres (SDI) Pandang-Pandang Kabupaten Gowa, Senin (30/9).

Susana berlangsungnya Pelatihan PTK di SDI Pandang-Pandang, Kab. Gowa, Senin (30/9). Foto: Dok. Pribadi Dosen Unismuh.

Kegiatan yang diadakan oleh Ade Irma Suriani dan Kristiawati ini bertujuan untuk meningkatkan penulisan karya ilmiah dalam PTK bagi para guru di SDI Pandang-Pandang agar dapat memberikan tindakan terhadap masalah yang akan dihadapi guna mencapai pembelajaran yang maksimal di kelas.

Dosen Prodi PGSD FKIP Unismuh Makassar,
Kristiawati, menuturkan bahwa seorang guru seyogianya mampu memahami sistematika PTK.

“Kerap kali dalam penulisan PTK para guru kesulitan merumuskan latar belakang yang baik yang berisi fenomena, identifikasi masalah dan fokus masalah padahal itu sangat penting bagi guru dan perlu memahami sistematika PTK,” tuturnya.

Di sisi lain, Dosen Prodi PGSD FKIP Unismuh Makassar, Ade Irma Suriani, berharap agar pelatihan ini dapat memberikan kemudahan para guru dalam penulisan PTK.

“Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini guru mampu menguasai konsep serta prosedur PTK sehingga para guru dapat dengan mudah untuk merencanakan, melaksanakan, dan menyusun laporan  PTK yang akan dibuatnya,” harapnya.

Rilis: Dosen PGSD FKIP Unismuh Makassar

Tim Estetika