Parangtambung, Estetika – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Geografi Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) membuka wawasan mahasiswa tentang PKM 5 bidang di Gedung F1 106-107, FMIPA, UNM, Sabtu (12/5).

Suasana penerimaan materi PKM 5 Bidang 2019 FMIPA UNM di ruangan F1 106-107 FMIPA, UNM, Minggu (12/5). Foto: AM 7 Estetikapers.

Kegiatan yang menghadirkan lima pemateri ini lolos pendanaan Kementrian Riset, Tegnologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI) handal sebagai pemantik yang terdiri dari Kadek Irayasa, Fitriana, Risman, Al-Irsyad, Ariyaldi, Firman Pranoto. Masing-masing menyampaikan apa itu PKM 5 bidang yang membuka jiwa kreativitas dan inovatif mahasiswa.

Kadek Irayasa, salah seorang pemateri, menjelaskan bahwa tujuan program dari Kemenristekdikti RI ini ialah untuk memacu jiwa kompetisi dan kolaborasi mahasiswa.

“Pelaksanaan program ini dimaksudkan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan akademik mahasiswa, mengembangkan komunikasi ilmiah, memacu dan membudayakan kreativitas dan penalaran dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, apalagi di era sekarang yang mengharuskan jiwa kolaborasi,” jelasnya.

S. Nuradryani Nasri Asif selaku Ketua Panitia, mengaku salah satu agenda workshop ini ialah Focus Group Discussion (FGD) yang bertujuan yaitu untuk menciptakan ide.

“Salah satu agenda PKM 5 bidang ini ialah FGD, tujuan diskusi ini adalah untuk melahirkan berbagai ide kemudian di presentasikan sebagai acuan awal peserta untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius dalam melakukan penelitian yang akan diajukan Kemenristekdikti RI,” ungkapnya.

Di sisi lain, Adnan, salah seorang peserta, mengungkapkan kesan mengikuti PKM 5 Bidang, bahwa workhop ini sangat bermanfaat untuk membangun kesadaran mahasiswa untuk lebih meningkatkan jiwa kreativitas dan inovatif.

Workshop ini sangat bermanfaat untuk waktu luang saya kak, membangun jiwa kreativitas dan inovatif, apalagi bulan ramadhan, sekadar menunggu berbuka bersama teman diisi dengan ilmu itu nikmat sekali,” ungkapnya.

Reporter: AM 7 Estetika

Tim Estetika