Makassar, Estetika – Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar wisuda kedua periode 2019-2020 di pelataran Gedung Phinisi UNM, Jalan A.P Pettarani, Makassar, Rabu (13/2).

Wisuda kali ini diikuti oleh berbagai program dan jenjang studi yang berasal dari 9 Fakultas, diantaranya: Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebanyak 101 wisudawan, Fakultas Teknik (FT) 114 wisudawan, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) 70 wisudawan, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) 75 wisudawan, Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) 76 wisudawan, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) 103 wisudawan, Fakultas Psikologi (FPsi) 10 wisudawan, Fakultas Seni dan Desain (FSD) 77 wisudawan, Fakultas Ekonomi (FE) 65 wisudawan, dan Pascasarjana sebanyak 209 wisudawan.

Berbeda dengan sistem sebelumnya, wisuda periode saat ini mulai menerapkan sistem seribu pendaftar, dimana apabila calon wisudawan telah mencapai seribu kuota maka wisuda akan langsung dilaksanakan.

Wakil Dekan 1 FBS UNM, Ramly, memperjelas bahwa periode sebelumnya itu tidak memberikan batas untuk pendaftaran wisudawan akan tetapi sekarang sudah ditetapkan yaitu seribu wisudawan.

Ramly, Wakil Dekan 1 FBS UNM saat diwawancarai oleh Tim Estetika. Foto: Muhammad Adnan Alfaridzi/Estetikapers.

“Sistem saat ini telah berbeda, dulu tanggal dan bulannya ditetapkan berapapun jumlah wisudawannya dan sekarang sistemnya berdasarkan target, apabila telah mencapai target yaitu seribu wisudawan, maka wisuda akan langsung dilaksanakan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ramly juga mengatakan bahwa dengan diterapkannya sistem baru ini, wisuda akan lebih sering dilaksanakan dari periode-periode sebelumnya.

“Kemungkinan besar dengan diterapkannya sistem ini wisuda akan lebih sering dilaksanan dari periode sebelumnya, tapi tetap irama nya sama seperti periode sebelumnya,” ungkapnya.

Reporter : Ainun Nur Oktaviani & Adnan Alfaridzin

Estetika Tim