Parangtambung, Estetika– Panitia Musyawarah Fakultas (Mufak) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah mengumumkan hasil seleksi berkas kandidat calon anggota dan Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa), serta kandidat calon Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FBS UNM periode 2019/2020 pada Senin (16/4) lalu.

Dari hasil seleksi berkas tersebut, diperoleh seorang kandidat tunggal calon Ketua Maperwa FBS UNM, Saenal Masri, serta dua kandidat calon Presiden BEM FBS UNM, Sulkifli dan Fadil Abdillah. Selanjutnya dilaksanakan pemaparan visi misi dari calon Ketua Maperwa dan Presiden BEM FBS tersebut yang dirangkaikan dengan debat kandidat calon Presiden BEM FBS UNM dengan tema “Sistem Perguruan Tinggi dan Kondisi LK FBS UNM” di Ruang Senat FBS UNM, Parangtambung, Makassar, Selasa (16/4).

Suasana berlangsungnya pemaparan visi dan misi kandidat calon ketua Maperwa FBS UNM dan calon ketua BEM FBS UNM, Selasa (16/4).

Adapun yang telah dirangkumkan Estetika terkait Visi dan Misi dari calon Ketua Maperwa dan Presiden BEM FBS UNM, sebagai berikut:

Visi Misi Saenal Masri, Kandidat Tunggal Calon Ketua Maperwa FBS UNM

Saenal Masri merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI). Sebelumnya, ia sempat menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) PBSI pada periode 2017/2018.

Kandidat tunggal calon Ketua Maperwa FBS UNM ini memiliki visi mengenai kinerja yang akan dilakukan sebagai Ketua Maperwa FBS UNM nantinya yakni “Mewujudkan Maperwa FBS UNM sebagai organisasi yang kredibel, responsif dan egaliter dalam mengelola tanggung jawab serta menciptakan harmoni dan sinergitas antar Lembaga Kemahasiswaan (LK)”.

Adapun empat misi yang disampaikannya antara lain:
1. Mengedepankan kewajiban disertai rasa kejujuran dalam menjalankan roda-roda organisasi.
2. Menjadi lembaga yang responsif dalam mendengar, menanggapi, dan mengontrol aspirasi masyarakat FBS UNM.
3. Membangun sinergitas antar lembaga dan mahasiswa baik dalam lingkup kampus maupun nasional
4. Mendorong Lembaga Kemahasiswaan FBS UNM untuk menjadi corong pergerakan mahasiswa sebagai upaya meningkatkan animo mahasiswa untuk berlembaga.

Visi dan Misi Sulkifli, Calon Kandidat Presiden BEM FBS UNM Nomor Urut Satu

Sulkifli merupakan salah seorang mahasiswa Prodi Sastra Inggris (Sasing) yang sempat menjabat sebagai President Director Biro Kegiatan Mahasiswa Jurusan (BKMJ) LenterA Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa Inggris FBS UNM pada periode 2017/2018.

Terkait tentang kinerja yang akan dilakukan oleh LK FBS UNM kedepannya, Sulkifli menyampaikan visinya yaitu “Terwujudnya LK yang aktif, responsif, revolusioner dalam gerakan dan pengabdian serta sadar atas tanggung jawab sosial”.

Adapun kedua misi yang akan dikerjakan ketika terpilih menjadi presiden BEM FBS UNM antara lain:
1. Menanamkan akar nilai dan budaya FBS dalam kehidupan beorganisasi maupun lingkup akademik.
2. Menerapkan slogan Buku, Diskusi, Cinta dan Demonstrasi bagi fungsionaris LK pada khususnya dan masyarajat FBS pada umumnya.

Visi dan Misi Fadil Abdillah, Kandidat Calon Presiden BEM FBS UNM Nomor Urut Dua

Fadil Abdillah, mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) ini pernah berkrcimpung dalam Himpunan Maahasiswa Program Studi (HMPS) PBA ‘Arsy dan bergabung dalam kabinen BEM FBS UNM pada periode 2018/2019.

Dalam pemaparan visi, ia mengungkapkan tentang perwujudan BEM FBS dalam membangun FBS. Ia menyampaikan visi yang akan dijalankan nantinya yaitu “Mewujudkan BEM FBS sebagai organisasi yang sinergis, inovatif, partisipatif untuk membangun FBS yang unggul dengan semangat kerja nyata”.

Adapun keempat misi yang disampaikan oleh Fadil Abdillah yaitu:
1. Membangun internal berdasarkan FBS satu dan bernafaskan profesionalisme.
2. Meningkatkan hubungan dan kordinasi dengan lembaga kemahasiswaan yang hadir di dalam lingkup FBS.
3. Menguatkan media aspirasi untuk melayani mahasiswa dan masyarakat secara solutif.
4. Menghasilkan kajian dan membangun kerjasama yang strategis dalam upaya pemecahan masalah, baik dalam lingkup fakultas, universitas maupun nasional.

Reporter: TIM ESTETIKA

Estetika Tim