Parangtambung, Estetika – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Sastra Indonesia (Sasindo) Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengikuti pelatihan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) di Ruang DG lt.2, Jumat (4/10).

PKM merupakan ajang pengembangan kreativitas, intelektual, inovasi, dan kompetitif yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenriset Dikti) bagi seluruh mahasiswa S1 di Indonesia.

Suasana berlangsung-nya PKM (Pogram Kreativitas Mahasiswa) FBS UNM di Lantai 2 Jurusan Sastra Indonesia, Jumat(4/10). Foto : Andi Resky Rahmadani /Estetikapers

Kegiatan yang menghadirkan Sultan selaku Dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) sebagai pemateri pelatihan PKM. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Prodi (Kaprodi) Sasindo Nensilianti dan dosen Sasindo.

Dosen Prodi PBSI UNM, Sultan, menuturkan bahwa PKM dapat dijadikan sebagai wadah dalam peningkatan akademik mahasiswa.

“PKM itu dapat meningkatkan akademik dan prestasi, dapat melakukan dalat rekreasi dengan gratis serta dapat membangun relasi antarmahasiswa. Untuk keanggotaan PKM sebaiknya tim terdiri dari multi angkatan sehingga pemilihan topik membuat anda ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas),” tutur pria yang pernah menjadi juri PKM 2019 ini.

Lebih lanjut, ia memaparkan bahwa PKM harus memiliki karakteristik ide penulisan kreatif.

“Karakteristik ide penulisn kreatif PKM, yaitu harus baru artinya review akan menilai baru atau tidaknya proposal yang diajukan. Harus Unik, lebih ekstrim ke unikannya lbih baik, dan dibutuhkan sehungga dapat menjawab permasalahan yang terdpat di masyarakat serta bermanfaat bagi masyarakat dan perkembangan bidang ilmu,” paparnya.

Reporter : Andi Reski Ramadhani

Estetika Tim