Parangtambung, Estetika – Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengikuti Workshop Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) di Ruang Senat FBS UNM lt. 2, Kamis (7/11).

Suasana berlangsungnya Workshop Program Kreatifitas Mahasiswa, di Ruang Senat Fakultas lt.2, Kamis(7/11). Foto : Sinta/Estetikapers.

Kegiatan yang dibuka oleh Dekan FBS UNM, dan dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik (WD I) FBS UNM, Wakil Dekan Bidang Sarana dan Prasarana (WD II) FBS UNM, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan (WD III) FBS UNM, Wakil dekan Bidang Kerjasama (WD IV) FBS UNM, para Dosen, Staf Birokrasi FBS UNM, para peserta pemenang Program Kreatifitas Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2019, dan kurang lebih 50 orang perwakilan kelas dari tiap Program Studi (Prodi) yang ada di FBS UNM ini mengusung tema “Menumbuhkembangkan Budaya Kreatif Melalui PKM” yang bertujuan untuk meningkatkan minat mahasiswa FBS UNM dalam proses keikutsertaan dalam program kreatifitas mahasiswa dengan mengangkat ide-ide baru yang kreatif.

Dekan FBS UNM, Syukur Saud, menuturkan bahwa kegiatan ini sudah direncanakan sejak lama.

Workshop ini sebenarnya sudah diancang-ancang sejak lama. Namun, baru bisa terlaksana hari ini karena adanya beberapa kendala yag tidak memungkinkan kita untuk melaksanakan kegiatan ini,” tuturnya.

Dalam sambutannya, ia berharap agar tahun ini jumlah proposal PKM yang lolos bisa lebih banyak dari tahun sebelumnya.

“Saya sangat mengharapkan proposal yang bisa lolos kurang lebih tiga atau empat kali lipat dari tahun sebelumnya, karena perguruan tinggi yang banyak meloloskan proposalnya tentu akan dianggap sebagai perguruan tinggi terbaik,” harapnya.

Di sisi lain, Pemateri Workshop PKM, Sultan, mengungkapkan bahwa sangat penting untuk meningkatkan kualitas proposal PKM.

“Perlu diperhatikan bahwa sangat penting untuk menambah jumlah proposal yang kita ajukan, tetapi kta tetap harus lebih mengutamakan untuk meningkatkan kualitasnya, gunakanlah pendekatan kualitas ide yang kreatif untuk menghasilkan proposal yang menarik,” ungkap dosen Bahasa Indonesia ini.

Lebih lanjut, dalam materinya, ia juga memberikan kiat-kiat untuk sukses PKM.

“Ada beberapa kunci sukses PKM yaitu Ide yang kreatif, keanggotaan tim, kedisiplinan, organisasi isi, komitmen dan tidak kenal menyerah,” tutupnya.

Reporter: Lia Novela

Tim Estetika