Fitri (kiri, baju putih), peserta SMKN 3 Bantaeng yang ikut Open Himaprodi dengan dana pribadi.

Parangtambung, Estetika – Memasuki hari kedua Olimpiade Pendidikan (Open) dan Pekan Pujangga, Kamis (11/5), sejumlah peserta siap mengunjukkan kebolehannya pada lomba-lomba yang diadakan. Perlombaan dimulai sekitar pukul 09:00 Wita. Setiap lomba diselenggarakan secara terpisah, lomba baca puisi di Lapangan Basket Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM), CTBI dan debat dilaksanakan di gedung DG.

Sejumlah lomba yang akan diadakan hari ini diantaranya adalah membaca puisi, debat (babak penyisihan dan semi final), dan Cepat Tepat Bahasa Indonesia (CTBI). Peserta terlihat antusial, sejak pagi tadi telah memenuhi lingkungan FBS UNM untuk mulai melakukan berbagai persiapan, seperti registrasi dan melakukan latihan demi memaksimalkan penampilan mereka.

Salah seorang peserta debat, Fathur Rahman yang merupakan siswa dari SMA KARTIKA XX-I Makassar terlihat optimis, walaupun ini merupakan pengalaman pertamanya. Ia mempersiapkan segala sesuatunya sejak kemarin untuk menghadapi lomba depat hari ini.

“Ya harus tetap optimis, kalau kalah ya terima saja karena itu akan jadi pengalaman agar selanjutnya kita bisa memperbaiki dimana letak kesalahan kita,” Ujar lelaki berkacamata ini.

Lain halnya dengan Fathur Rahman, Fitri yang merupakan perwakilan SMKN 3 Bantaeng meski tidak didanai oleh sekolah ia tidak menyurutkan semangatnya untuk mengikuti lomba membaca puisi. Dengan didukung oleh kedua orang tuanya ia tetap bersikeras untuk ikut serta dalam perlombaan yang diadakan Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) dengan dana sendiri.

Fitri berharap kegiatan ini rutin dilaksanakan agar dapat menjadi wadah bagi seluruh pelajar, untuk menyalurkan bakatnya.

“Mudah-mudahan UNM bisa tambahin lagi lomba-lomba yang lainnya dan bisa diselenggarakan setiap tahun agar bisa menjadi wadah semua pelajar disini untuk menyalurkan bakat-bakat yang dimiliki,” pungkas wanita yang mengidolakan Oki Setiana Dewi ini.

Reporter : Era Basriana

Estetika Tim