Rilis, Estetika – Tim Penelitian Kreatifitas Mahasiswa-Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang beranggotakan Muh. Fajrin Ramadhan, Rudyman, dan Muh. Fachmy Achdan, berhasil lolos Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) yang akan diselenggarakan di Universitas Udayana Bali, Senin-Sabtu (27-31/8) mendatang.

Tim yang mengusung judul “Pengaruh Kelong Pepe-pepeka Ri Makka terhadap Kemampuan Debus pada Tari Tradisional Makkassar” bertujuan untuk mengungkap makna lirik kelong Pepe-pepeka Ri Makka dan pengaruhnya serta mengetahui penyebab kemampuan atraksi api terhadap tarian Pepe-pepeka Ri Makka.

Muh. Fajrin Ramadhan, Ketua Tim PKM-PSH, berharap agar hasil penelitian ini dapat mengubah persepsi masyarakat tentang Tari Pepe-pepeka Ri Makka.

“Melalui penelitian ini, semoga dapat mengubah persepsi masyarakat tentang kemampuan debus pada tari Pepe-pepeka Ri Makka dapat terjadi karena bantuan dari makhluk gaib seperti jin dan sebagainya,” harapnya.

Rudyman, Tim PKM-PSH, menuturkan bahwa Timnya telah siap memberikan yang terbaik selama Pimnas.

“Kami sangat bersyukur kepada Allah atas kesempatan yang diberikan. Kami akan fokus mempersiapkan diri sebelum berangkat ke Bali. Kami bersamangat dan siap memberikan yang terbaik sebagai perwakilan dari UNM,” tutur mahasiswa asal Takalar tersebut.

 

RILIS TIM PKM-PSH UNM

Estetika Tim