Fri. Oct 30th, 2020

SUKSES PENTASKAN HAMLET, SASINDO 2016 DIBANJIRI PUJIAN

Makassar, Estetika – Program Studi (Prodi) Sastra Indonesia (Sasindo) angkatan 2016 Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) sukses pentaskan teater Hamlet di Gedung Kesenian (Societeit de Harmonie) SulSel, Senin (14/5).

Hamlet merupakan salah satu karya William Shakespeare yang kemudian sukses difilmkan oleh sutradara gaek Italy Franco Zefirelli pada tahun 1990. Hamlet kemudian menjadi pilihan Tim Produksi untuk dipentaskan sebagai tugas akhir mata kuliah Keterampilan Drama Prodi Sasindo 2016.

Menurut Nilam Asriani, selaku Pengarah Artistik (Sutradara) pentas teater tersebut, kisah Hamlet ini memang menarik karena pertama kalinya dipentaskan di Indonesia Timur.

“Kalau saya pentaskan Romeo dan Juliet itu sudah pernah kebetulan untuk Indonesia Timur pementasan ini yang pertama, nah ini yang menjadi menarik karna persoalan politik, takhta dan segala macam disinggung disini dan ini real walau naskahnya dari 1990-an, kejadian seperti ini masih ada sampai sekarang,” tutupnya.

Suasana para pemain serta tim produksi setelah sukses mementaskan Teater Hamlet, Senin (14/5). Foto: estetikapers.com

Setelah melalui proses penggarapan kurang lebih dua bulan lamanya, kerja keras Tim Produksi akhirnya terbayar dengan tepuk tangan meriah serta respon positive dari para penonton yang hadir. Dengan pembawaan karakter serta totalitas akting para pemain, Sasindo 2016 dianggap berhasil mementaskan teater yang baru pertama kali dipentaskan di Indonesia Timur ini.

Nilam juga mengungkapkan bahwa ia melihat keseriusan dari para pemain drama saat berlatih dan itu membuatnya bangga.

“Mereka adalah anak Bahasa Indonesia bukan seni, dan kemudian saya mendapatkan keseriusan mereka saat berlatih dan saat pementasan terbukti mereka bisa dan saya bangga,” ungkapnya.

Setelah pementasan berlangsung, apresiasi positif terus mengalir dari berbagai pihak yang menyaksikan lika-liku kehidupan Hamlet dalam teater yang disuguhkan oleh Mahasiswa Prodi Sasindo 2016.

“Amazing!” ungkap perempuan berambut pirang yang juga sebagai Sutradara dari teater Hamlet sembari tersenyum lebar.

Di sisi lain, Dwi Ridhayanti Amalia, Mahasiswa Prodi Sasindo 2017 yang hadir pada pementasan, mengaku takjub dengan drama yang disuguhkan.

“Saya takjub, para pemain Hamlet sangat total dan bisa menjiwai peran yang mereka bawakan, belum lagi semua yang tampil disini itu berasal dari Prodi Sasindo bahkan crew dan dananya,” akunya.

Tidak hanya mahasiswa FBS, beberapa mahasiswa dari luar FBS pun datang menyaksikan pementasan ini. Annisa Ramadhani salah satunya, Ia menyebutkan satu adegan dalam pentas teater Hamlet yang menjadi kesukaannya.

“Saya menyukai dan takjub pada adegan dimana Hamlet mereka ulang kematian ayahnya dalam sebuah pertunjukan drama,” ungkapnya.

Reporter : AM 10 Estetika

Leave a Reply

Skip to toolbar