Pementasan Teaterikal HMPS PBSD dalam Milad ke-2 membuat decak kagum penonton, Selasa (18/4). Foto: Andi Nurfadlia.

Makassar, Estetika – Malam pentas seni dan Milad Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (PBSD) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) berlangsung meriah dan berhasil hipnotis penonton dengan beragam pertunjukkan yang di helat di Gedung Sao Panrita, Selasa (18/4).

Hal yang menarik antusias penonton, adalah Trio PBSD selaku MC yang hadir sebagai pendukung dalam kemeriahan acara ini. Ditambah dengan kekompakan dan kelucuannya, tidak jarang celetukan mereka ditanggapi dengn gelak tawa dari penonton yang hadir, hingga menambah meriah kegiatan ini.

Di tengah acara, berlangsung pula penampilan tari modern (Break Dance) dari Safar, Penonton sangat kagum melihat tarian dari mahasiswa angkatan 2013 tersebut.

Setelah penampilan break dance usai, selanjutnya adalah paduan suara “Hip-Hip Hura” yang dirangkaikan dengan dance. Dance tersebut membuat penonton tergelitik karena tarian yang ditampilkan dengan centil.

Tak kalah pula penampilan dari perkusi yang dibawakan oleh 3 perempuan dan 1 lelaki. Penampilan perkusi yang dibawakan dalam acara ini terbilang unik karena alat yang mereka pergunakan semuanya dari barang bekas plastik, seperti botol plastik serta kantong plastik.

Tidak berhenti sampai di situ, teatrikal puisi yang berjudul “Kembali” yang bertemakan suasana di desa, kembali berhasil membawa decak kagum penonton.

Penonton dibuat terkejut karena pembaca puisi dengan tiba-tiba muncul di sela-sela penonton. Suasana teatrikal puisi tersebut sangat mengharu biru karena menampilkan adegan tentang merindukan suasana di desa.
Teatrikal tersebut ditutup dengan mengajak ketua prodi PBSD serta Ketua panitia acara untuk menari.

Penampilan terakhir dari Trio PBSD. Mereka menyanyikan lagu berjudul “Mati Aku” dari Rita Sugiarto yang dialihkan ke bahasa Bugis Makassar. Penampilannya sangat meriah karena ditampilkan dengan gerakan tubuh yang menggelitik.

Penutupan malam pentas seni yang dirangkaikan dengan milad kedua HMPS, ditutup dengan memperkenalkan semua panitia dan peserta yang telah tampil.

Salah satu penonton bernama Alif Isman mengatakan, acara ini sangat menghibur dan memiliki tema yang sangat bagus.

“Saya paling suka dengan paduan suaranya tapi tidak kalah heboh dengan MC Trio PBSD. Keren kegiatannya,” tutupnya.

Penampilan penutup panitia pelaksana Milad ke-2 HMPS PBSD, Selasa (18/4). Foto: Andi Nurfadlia.

Reporter: Nursyahbani Tenri Waru

Fotografer: Andi Nurfadlia

Estetika Tim