Sat. Oct 31st, 2020

SMS, PUNCAK MALAM SASTRA DAN PERINGATAN HARLAH HMPS SASINDO

Pangkep, Estetika – Menuju Puncak Malam Sastra pada kegiatan Sastra Masuk Sekolah (SMS) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Sastra Indonesia (Sasindo) Dewan Mahasiswa (DEMA) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM), Sabtu (4/8).

Sastra Masuk Sekolah atau SMS sendiri terlaksana sejak tanggal 31 Juli yang lalu dan berakhir pada 4 Agustus 2018. SMA Negeri 8 Pangkep merupakan sekolah terpilih yang menjadi tempat dihelatnya kegiatan SMS.

Rostan Yuniardi, Selaku ketua umum HMPS Sasindo, mengungkapkan bahwa kegiatan SMS merupakan salah satu program kerja yang turun langsung di tengah-tengah masyarakat, khususnya di sekolah.

“SMS merupakan salah satu proker dari HMPS SASINDO yang yang menyentuh langsung masyarakat khususya adik-adik kita yang ada di SMA Negeri 8 Pangkep”, ungkap lelaki yang akrab disapa Ardi ini.

Sejak dihelatnya kegiatan yang mengusung tema “Wajah Sastra di Era Milenial”, bermacam kegiatan sastra seperti Klinik Literasi, Kutu Buku, Kelas Puisi, Kelas Prosa, Kelas Drama, Ladang Baca, Lomba Menulis, Lomba Baca puisi dan Pelatihan Sastra telah terlaksana.

Jenis-jenis kegiatan yang telah dilaksanakan selain sebagai ajang untuk memperkenalkan sastra kepada para pemuda ataupun pemudi sekolah menengah atas juga sebagai ajang pengembangan literasi.

“Memperkenalkan Sastra kepada anak SMA dan memperluas kiat literasi kepada anak muda penerus bangsa karena SMS menyusun konsep literasi,” ungkap Nurul Fajrianti, Ketua panitia SMS.

Di penghujung kegiatan SMS, diadakan
Puncak Malam Sastra sekaligus dirangkaikan dengan perayaan hari jadi Sasindo ke-16 yang dilangsungkan di kantor Desa Bantimurung, kecamatan Tondong Tallasa, Pangkep.

Sebelum Puncak Malam Sastra dilangsungkan, para siswa telah menerima berbagai macam pelatihan terkait dengan sastra, seperti pelatihan drama di kelas drama.

Pementasan drama peserta SMS oleh siswa SMA Negeri 8 Pangkep, Sabtu (4/8). Foto: Dian Hezedilah Sharon/ estetikapers.

Tepat pukul 20.00 Wita, 30 peserta yang mengikuti kegiatan SMS mementaskan drama yang diangkat dari naskah “Sang Kutilang” karya Prusdianto Jalil.

Sebagai penutup dari seluruh rangkaian acara SMS yang telah terlaksana selama lima hari ini dirangkaian dengan perayaan hari lahir HMPS Sasindo yang ke-6.

Ardi sang Ketua Umum Sasindo dalam sambutannya di Puncak Malam Sastra, mengungkapkan harapannya kepada HMPS Sasindo agar senangtiasa mengembangkan sayap di masyarakat dalam hal mengedukasi.

“Malam sastra kali ini kami rangkaikan bersama dengan milad HMPS SASINDO yang ke-16. Kami berharap HMPS SASINDO akan terus mengalami kemajuan baik di kampus maupun di masyarakat,” harapnya.

Reporter: Am Estetika (Elvira, Dian Hezedila Sharon & Nuraeni)

Leave a Reply

Skip to toolbar