Juri lomba CTBI Open Himaprodi PBSI berfoto bersama panitia dan peserta lomba, Sabtu (13/5). Foto: Irma Rahmayani.

Parangtambung, Estetika – Olimpiade Pendidikan (Open) dan Pekan Pujangga Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) telah memasuki hari ke empat yang digelar di kampus Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM), Sabtu (13/5).

Lomba Cerdas Tepat Bahasa Indonesia (CTBI) telah memasuki babak grand final. Pada kegiatan itu, SMA Islam Athirah Bone kembali mengamankan juara pertama CTBI setelah bersaing ketat melawan SMAN 2 Makassar dan SMAN 4 Bantimurung di babak grand final. Di tahun kemarin (Open 2016) SMA Islam Athirah Bone juga merupakan juara pertama lomba tersebut.

Ifha, salah seorang peserta mengungkapkan rasa syukurnya bisa mempertahankan juara CTBI.

“Kami sangat bersyukur karena tahun lalu juga kami yang juara,m dan sekarang bisa mempertahankan juara tersebut,” katanya.

Ia pun menambahkan bahwa persiapan yang di lakukan memang sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari.

“Mulai dari pembinaan satu bulan sebelum lomba dan dikarantina selama 2 minggu,” tambahnya.

Ia pun berharap, sekolah akan tetap mempertahankan pencapainnya di tahun-tahun berikutnya.

“Saya berharap SMA Islam Atirah Bone terus mempertahankan kejuaran ini dan tetap menjadi juara umum tahun berikutnya,” pungkasnya.

Suasana lomba CTBI Open Himaprodi PBSI, Sabtu (13/5). Foto: Irma Rahmayani.

Muhammad Asri, salah seorang juri lomba CTBI mengatakan, antusias peserta lomba cukup tinggi, namun CTBI di dominasi SMA Islam Athirah Bone.

“Mereka antusias mengikuti lomba mulai dari babak penyisihan hingga final hari ini. Hanya saja sekolah yang baru ikut lomba seperti SMA 4 Bantimurung belum mengetahui alurnya mungkin. Sehingga masih malu-malu memberikan jawaban,” ujarnya.

Lebih lanjut “Namun dalam lomba ini, memang yang mendominasi SMA Islam Atira Bone. Mereka tahun ini kembali mempertahankan juaranya,” tutup Laki-laki yang bekerja di Ganesha Operation itu.

Hari ke empat Open Himaprodi PBSI, selian lomba CTBI, juga dilaksanakan lomba akutif dan lomba debat yang telah memasuki babak final antara SMA 13 Makassar melawan SMA 17 Makassar. Pengumuman juara lomba debat dan akustik akan diumumkan secara serentakdi acara penutupan Open besok, Minggu (14/5).

Reporter: Regina Safitri dan Munawarah

Estetika Tim